Thursday, September 5, 2019

Ketahui 9 Manfaat Daun Salam Yang Telah Terbukti Ilmiah

Tahukah Anda manfaat daun salam selain untuk masakan? Tanaman satu ini meski kecil tapi penting. Harus diakui hampir seluruh kuliner khas Indonesia kaya akan bumbu rempah. Daun salam yaitu jawaban, yang bisa dipakai sebagai suplemen untuk menjadikan rasa rempah yang menonjol dan aroma yang khas. Mendapatkannya pun sangat mudah, sebab Indonesia merupakan salah satu tempat yang dikenal sebagai salah satu penghasil daun salam, yang dalam Bahasa Inggris sering disebut Indonesian bay leaf.


Daun salam mempunyai nama ilmiah syzygium polyanthum. Pohon daun salam berukuran cukup tinggi, sekitar 30 sampai 60 meter walau ada juga yang berukuran kecil. Warna kulit batangnya terlihat coklat keabu-abuan dan mempunyai sisik. Daunnya berwarna hijau dan berukuran tidak mengecewakan besar dengan bentuk lonjong dan sempit di sisi kanan kiri.


Tahukah Anda manfaat daun salam selain untuk kuliner Ketahui 9 Manfaat Daun Salam yang Telah Terbukti Ilmiah


Bukan hanya di Indonesia, hampir di seluruh negara di Asia Tenggara, daun dari tanaman ini dimanfaatkan sebagai adonan kuliner baik dalam keadaan kering atau segar. Biasanya ia dijual bersama dengan rempah dalam satu bundel menyerupai jamu, laos dan kunyit.


Kandungan Daun Salam

















JumlahJenis
46,5 miligramVitamin C (memenuhi 77,5 persen kebutuhan harian tubuh)
6,185 IUVitamin A

Selain kandungan yang ada di dalam tabel, daun salam juga mengandung



  1. Etanol. Ialah alkohol yang mempunyai manfaat sebagai zat anti bakteri.

  2. Asam Folat. Adalah vitamin B kompleks yang berfungsi sebagai pembawa unit karbon pada banyak sekali reaksi metabolis, diharapkan bagi badan dalam pembentukan sel gres dan perawatan sel.

  3. Minyak esensial. Minyak esensial dalam daun rempah diketahui mengandung eugenol. Eugenol merupakan zat cair tanpa warna yang dipakai sebagai wangi-wangian (karenanya daun salam populer mempunyai aroma khas) dan pembasmi bakteri.

  4. Mineral. Terdapat banyak jenis mineral yang terkandung di dalam daun salam. Diantaranya terdapat kalium, mangan, seng, kalsium, magnesium, dan selenium. Kalium sendiri dikenal mempunyai manfaat dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah, sedang mangan dan tembaga membantu perkembangan enzim di dalam tubuh.


Daun salam juga mempunyai kandungan kimia menyerupai flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan, tanin, dan minyak asiri.


Manfaat Daun Salam yang Telah Terbukti Ilmiah


1. Menurunkan Gejala Asam Urat


Dengan segala kandungan berkualitas di dalamnya, daun salam dengan menerapkan beberapa perlakuan diketahui bisa menurunkan tanda-tanda asam urat yang biasanya diidap oleh mereka yang berusi lanjut.


Cara pengolahannya: pertama, basuh higienis daun salam segar. Masukkan ke dalam panci rebusan bersama air (sesuaikan banyaknya daun dengan jumlah air). Biarkan mendidih dan surut sampai hanya tersisa cukup untuk satu gelas. Saring, ambil airnya, taruh di gelas. Biarkan sampai cukup hangat untuk diminum. Minum setelah makan dan lakukan rutin dua kali sehari bila tanda-tanda asam urat sangat mengganggu dan minum hanya sekali sehari untuk upaya pencegahan.


2. Mengobati Diabetes


Antioksidan yang terkandung dalam daun salam bermanfaat untuk mengefisiensikan proses insulin dalam badan sehingga baik bagi pengidap diabetes terutama diabetes tipe 2. Melalui antioksidannya, daun salam bisa menurunkan kandungan glukosa dalam darah dan kolesterol. Kamu biasa membeli atau membuat sendiri daun salam tumbuk atau dalam bentuk bubuk siap pakai. Konsumsi selama 30 hari berturut-turut.


3. Mengatasi Hipertensi


Salah satu manfaat dari senyawa flavonoid yang terkandung dalam daun salam yaitu untuk menormalkan kembali tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini tentu sangat dibutuhkan bagi mereka yang mengidap hipertensi atau yang mempunyai kecenderungan untuk mengidapnya menurut riwayat keturunan. Penyakit hipertensi sesungguhnya harus diwaspadai meski kau tidak mempunyai riwayat keluarga pengidap, sebab gaya hidup juga turut mempunyai tugas dalam memungkinkan terjangkitnya penyakit ini.


Untuk itu, sebagai pencegah dan ikhtiar pengobatan, kau bisa coba terapi minum air rebusan daun salam. Pengolahannya sama dengan pengolahan bagi pengobatan penyakit asam urat. Terlebih dahulu bersihkan daun salam segar, kemudian rebus bersama air. Biarkan mendidih sampai surut menjadi satu gelas. Minum selagi hangat sehabis makan. Lakukan secara teratur.


4. Mencegah Kanker Serviks


Sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia, kanker ternyata bisa dicegah dengan memanfaatkan daun salam. Hal ini sebab di daun salam terkandung eugenol, catechin, quercetin, dan asam caffeic yang bersifat melawan banyak sekali jenis kanker dan memberi dukungan pada tubuh. Daun salam juga mengandung perthenolide yang mempunyai kegunaan untuk menahan pembiakan sel kanker serviks.


5. Meredakan Diare


Daun salam mempunyai banyak kandungan mineral dan vitamin yang baik bagi lancarnya pencernaan. Dengan meminum rebusan daun salam segar yang telah lebih dulu dibersihkan dan menambahkannya dengan sejumput garam, kau bisa membuat oralitmu sendiri dan meminumnya untuk meredakan diare sesegera mungkin.


6. Menjaga Daya Tahan Tubuh


Telah disinggung sebelumnya, bahwa ternyata daun salam mengandung banyak vitamin C. Seperti yang telah diketahui, vitamin C yaitu salah satu zat yang bermanfaat dalam menjaga daya tahan badan dan menangkal radikal bebas yang mengancam daya tahan imunitas tubuh.


Untuk itu, teraturlah minum teh daun salam, yakni hasil seduhan daun salam kering dan air panas menyerupai ketika menyeduh teh. Minum teratur setiap hari dan dapatkan daya tahan badan yang terjaga.


7. Membantu Mendapatkan Bobot Tubuh Ideal


Untuk kau yang ingin menurunkan bobot badan menjadi lebih ideal, kau bisa mulai coba meminum air rebusan daun salam yang telah dibersihkan. Daun salam baik untuk menurunkan bobot sebab kandungan enzim dan mineral di dalamnya bisa melancarkan sistem pencernaan.


Cara membuatnya pun mudah. Hanya rebus air bersama daun salam sampai susut dan cukup mendapat 2 gelas air. Saring, letakkan di dalam gelas. Tunggu sampai hangat dan bisa diminum. Konsumsi 2 gelas sehari sebelum tidur. Jangan lupa imbangi dengan olahraga yang teratur.


8. Mengatasi Ketombe


Rebusan daun salam selain bisa untuk dikonsumsi masuk ke dalam badan juga baik untuk dipakai di luar tubuh. Karena daun salam mengandung minyak esensial yang mempunyai kegunaan sebagai tonik bagi rambut yang bisa melawan ketombe. Jadikan air rebusan daun salam yang sudah masbodoh sebagai bilasan simpulan rambut kamu. Lakukan seminggu sekali dan jangan lupa jaga kebersihan tempat rambut. Dapatkan segera rambut sehat bebas ketombe.


9. Menyehatkan Mata


Mata lelah sebab terlalu sering melihat ke layar handphone atau komputer, merah dan gatal sebab debu di jalanan, jangan risau, daun salam bisa jadi solusi duduk perkara mata kamu. Sebelum berkembang menjadi iritasi berlebih, lakukan perawatan mata kau dengan air rebusan daun salam kering. Dengan banyak sekali kandungan yang terkandung di dalamnya, air rebusan daun salam kering ternyata bisa menyehatkan mata dan mencegahnya dari bisul lebih lanjut. Yang perlu kau siapkan hanya daun salam kering dan air. Rebus beberapa saat. Tunggu sampai dingin. Gunakan dengan mengusapkan airnya ke mata selama beberapa menit. Lakukan dengan teratur terutama kalau kau rutin beraktifitas di luar ruangan.


Silakan coba banyak sekali manfaat daun salam yang terbukti ilmiah di atas untuk kehidupan sehari-hari kamu. Ayo hidup sehat dengan memakai materi alami.


No comments:

Post a Comment