Monday, September 2, 2019

20 Tanda-Tanda Tipes Beserta Cara Pencegahannya

Tipes atau disebut juga dengan typhoid fever merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya bisul bakteri. Pada umumnya, orang dengan tipes akan mengalami demam yang disebut demam tifoid. Penyakit ini cukup serius lantaran jikalau tidak segera ditangani akan mengakibatkan banyak sekali duduk masalah yang serius bagi kesehatan, bahkan sanggup menimbulkan komplikasi yang sanggup menimbulkan kematian. Itulah sebabnya penting bagi kita untuk mengetahui apa saja penyebab dan tanda-tanda penyakit tipes.


Bagaimana penyakit tipes sanggup terjadi?


Penyebab utama penyakit tipes ialah basil yang disebut dengan Salmonella typhi. Bakteri ini akan masuk melalui kuliner atau minuman dan menginfeksi tubuh insan sehingga tanda-tanda tipes pun muncul.


Tipes atau disebut juga dengan typhoid fever merupakan penyakit yang disebabkan oleh adany 20 Gejala Tipes Beserta Cara Pencegahannya

Gambar basil Salmonella typhi


Ada beberapa faktor yang memudahkan basil untuk masuk dan menginfeksi tubuh, diantaranya buruknya sistem sanitasi pada lingkungan. Perlu anda ketahui bahwa lingkungan yang kotor akan memicu tumbuhnya sejumlah bibit penyakit, termasuk juga tipes.


Sedangkan faktor yang menghipnotis terjadinya penyakit tipes pada bawah umur lebih disebabkan oleh masih lemahnya sistem kekebalan atau daya tahan yang dimiliki oleh anak sehingga dikala mereka masuk ke sebuah lingkungan yang kotor atau tidak sehat akan pribadi berdampak kurang baik bagi tubuhnya.


Apakah penyakit tipes sanggup menular?


Secara umum orang dengan tipes sanggup menularkan penyakitnya kepada orang lain. Penyakit ini sanggup menular melalui urin atau air kencing dan juga feses atau tinja dari penderita. Melalui kedua benda ini basil Salmonella typhi dapat menyebar. Meskipun begitu, penularan tipes ini sanggup dikatakan cukup sulit. Hal itu lantaran basil ini hanya akan masuk melalui kuliner atau minuman yang telah tercemar feses atau urin yang sudah tercemar basil salmonella typhi. Tapi tidak ada salahnya jikalau kita berhati-hati untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.


Ciri-ciri dan Gejala Tipes


Untuk mempermudah kita dalam mengidentifikasi penyakit tipes, disini akan dijelaskan perihal tanda-tanda penyakit ini mulai ahad pertama hingga ahad ke-empat. Dengan mengetahui tahapan tanda-tanda tipes disetiap minggunya, maka kita sanggup melaksanakan penanganan segera sesuai dengan tingkatan gejalanya.


# Gejala tipes Minggu Pertama


1. Demam


Seperti yang sudah dijelaskan diawal tadi bahwa biasanya penderita tipes akan mengalami demam tinggi yang disebut dengan tyfoid. Suhu dari demam ini akan cenderung naik hingga mencapai angka 40 derajat celcius.


2. Sakit kepala


Seorang dengan tipes akan gampang mencicipi sakit kepala. Hal itu disebabkan adanya basil yang sedang menginfeksinya.


3. Batuk kering


Gejala yang selanjutnya ialah batuk kering. Jika ada orang yang mengalami batuk kering dalam waktu usang (seminggu) maka hal itu harus diwaspadai.


4. Nafsu makan berkurang


Bukan sekedar tidak selera dengan kuliner tapi hilangnya nafsu makan sanggup menjadi tanda adanya tipes dalam diri seseorang. Di tambah lagi rasa mual dan verbal yang terasa pahit, semakin menciptakan penderita tak doyan makan.


5. Sakit perut dan sembelit


Gejala tipes yang berikutnya ialah rasa nyeri pada perut. Biasanya keadaan ini diikuti dengan sembelit atau susah untuk buang air pada orang dewasa. Sedangkan pada bawah umur umumnya terjadi diare.


6. Praktis lelah


Gejala tipes yang berikutnya ialah seseorang akan gampang mencicipi lelah, letih, dan juga lesu. Padahal tidak melaksanakan aktifitas melelahkan sebelumnya.


Gejala tipes pada ahad pertama ini akan terus muncul dan berlanjut ke ahad kedua, jikalau pasien tidak mendapat pengobatan sebagaimana mestinya.


# Gejala tipes Minggu Kedua


1. Demam semakin tinggi


Jika pada awalnya seseorang akan demam dengan suhu 40 derajat celcius, maka suhu tubuh ini sanggup bertambah jikalau tidak diberi penanganan khusus.


2. Diare dan sembelit


gejala tipes yang berikutnya ialah diare dan sembelit. Untuk itu, berhati-hatilah dengan diare dan sembelit yang berkepanjangan lantaran jikalau hal ini berlangsung lebih dari seminggu maka harus segera dikonsultasikan ke dokter.


3. Perut kembung


Perut kembung pun sanggup menjadi salah satu indikasi tipes. Hal ini jikalau berlangsung dalam waktu yang lama.


4. Berat tubuh turun


Akibat adanya basil Salmonella typhi yang menginfeksi tubuh menciptakan berat tubuh kian usang kian menurun. Kondisi ini jikalau tidak segera diatasi maka akan mengakibatkan penyakit lain, bahkan sanggup menjadi komplikasi.


Jika pasien tidak mendapat perawatan medis, maka tanda-tanda tersebut akan berlanjut hingga ahad ketiga.


# Gejala tipes Minggu Ketiga


1. Mengigau


Seseorang dengan tipes yang tidak mendapat penanganan medis hingga ahad ketiga akan menyebabkanya sering mengigau. Hal ini disebabkan oleh suhu badannya yang tinggi.


2. Kondisi tubuh semakin lemah


Ini termasuk tanda-tanda yang sudah parah. Kondisi tubuh yang sangat lemah dengan mata sayu mengindikasikan bahwa pasien membutuhkan perawatan medis segera. Bahkan pada kondisi menyerupai ini, banyak sekali penyakit yang mengancam jiwa akan banyak bermunculan.


# Gejala tipes Minggu Ke-empat


Pada umumnya, seorang dengan tipes yang sudah memasuki ahad ke-empat akan mengalami penurunan gejala-gejala yang terjadi pada ahad pertama hingga ahad ketiga. Misalnya saja demam secara perlahan akan turun hingga suhu tubuh kembali normal menyerupai biasa.


Namun tanda-tanda ini akan kembali muncul sekitar 10 hari setelah kondisi tubuh normal. Dan yang harus diwaspadai ialah gejala-gejala yang terjadi pada ahad pertama hingga ahad ketiga tersebut akan muncul dengan kondisi yang jauh lebih parah lagi. Untuk itu, jangan hingga menunggu hingga ahad ke-empat lantaran banyak penyakit yang akan mengancam jiwa si pasien.


Langkah-langkah Pencegahan tipes


Setelah mengetahui bagaimana berbahayanya penyakit tipes ini, kita perlu melaksanakan langkah-langkah pencegahan secara maksimal supaya penyakit tersebut tidak menyerang kita dan orang-orang bersahabat kita. Secara umum langkah untuk mencegah tipes ialah dengan menunjukkan vaksinasi anti tipes.


Vaksinasi ini biasanya sudah termasuk ke dalam vaksin imunisasi yang diberikan pada anak mulai dari umur 2 tahun yang kemudian diulang kembali setiap 3 tahun sekali. Bukan hanya pada anak, vaksinasi juga diberikan pada orang sampaumur yang hendak berkunjung ke tempat endemi tifus. Biasanya hal itu dilakukan 1 bulan sebelum keberangkatan. Selain vaksinasi, ada beberapa hal yang sanggup anda lakukan untuk mencegah datagnya tipes ini, yaitu:


1. Rajin mencuci tangan


Langkah untuk mencegah penyakit tipes ialah dengan sering melaksanakan basuh tangan. Cucilah tangan sebelum dan setelah mengolah kuliner dan minuman. Selain itu, basuh tangan juga dibutuhkan setelah buang air supaya seluruh basil yang ada di tangan sanggup dibersihkan.


2. Kurangi konsumsi buah dan sayuran mentah


Sebaiknya anda mengurangi konsumsi sayuran mentah yang dijual secara bebas. Selain itu, selain sayuran mentah, buah-buahan yang tidak steril juga sanggup menimbulkan tipes. Anda tetap sanggup mengkonsumsi sayuran mentah dan buah-buahan yang anda tahu kebersihannya.


3. Mengurangi mengkonsumsi kuliner yang dijual di pinggir jalan


Makanan-makanan yang dijual dipinggir jalan rawan terpapar basil dan debu. Hal ini jikalau dilakukan secara terus menerus maka akan menimbulkan timbulnya tipes.


4. Mengurangi konsumsi sea food mentah


Beberapa jenis kuliner ada yang memakai sea food dalam olahan masih mentah. Jika ini berlangsung dalam waktu yang usang akan menimbulkan munculnya tipes. Hal itu lantaran di dalam sea food yang masih mentah terdapat bakteri-bakkteri berbahaya yang sanggup mati dengan direbus.


5. Menghindari bertukar barang-barang pribadi


Seringkali kita melihat seseorang bertukar barang-barang pribadi, menyerupai pakaian, handuk, sprai, dan lain sebagainya. padahal kebiasan ini sanggup memicu timbulnya banyak sekali penyakit, termasuk tipes.


Informasi perihal tanda-tanda tipes dan cara mencegahnya sanggup dijadikan sebagai sebuah pengetahuan yang sanggup diterapkan dalam kehidupan ini. dengan menjaga hidup secara sehat dan lingkungan yang sehat juga maka penyakit ini tidak akan tiba pada kita.


Demikian pembahasan perihal gejala-gejala tipes dan pencegahannya. Semoga bermanfaat.


 


1 comment:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete