Wednesday, November 14, 2018

Cara Ampuh Mengobati Gusi Yang Infeksi Secara Alami Dengan Cepat

Cara Mengobati Gusi Bengkak – Tak jarang banyak diantara kita yang mengalami gusi bengkak. Rasanya niscaya sangat sakit sekali, terasa berdenyut bahkan hingga ke penggalan kepala seolah-olah mau pecah.

Jika dibiarkan gusi nanah bisa menimbulkan munculnya sakit gigi, ini lantaran gusi merupakan jaringan kokoh yang melekat di penggalan bawah gigi.

Gusi nanah termasuk hal yang sudah umum ditemui. Biasanya ditandai dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol. Pada sebagian kasus, gusi nanah yang terjadi bisa cukup besar hingga menutupi gigi.

Sebelum kita bahas mengenai cara mengobati gusi bengkak, ada baiknya kenali dulu beberapa penyebab gusi bengkak, lantaran penderita itu penyebabnya berbeda.

Kenapa Gusi Bisa Bengkak?

 Tak jarang banyak diantara kita yang mengalami gusi nanah 12 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dengan Cepat

Umumnya penyebab gusi nanah yaitu menumpuknya plak (karang) di gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbentuk ketika proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak basil yang sanggup menganggu kesehatan gusi.


Selain itu, beberapa kondisi dimana gejalanya berupa gusi bengkak, antara lain gingivitis, infeksi virus atau jamur, kehamilan, kekurangan asupan gizi, atau skorbut. Skorbut sendiri merupakan kondisi badan yang kekurangan vitamin C.

Tidak hanya itu saja, gusi nanah juga sanggup disebabkan lantaran pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi yang tidak tepat, sensitivitas terhadap penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur, bahkan bisa disebabkan lantaran imbas obat-obatan tertentu.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami dengan Praktis

1. Temukan penyebabnya

Mengetahui penyebab gusi nanah hukumnya wajib. Tujuannya yaitu semoga kita bisa mengatasi gusi nanah secara optimal. Coba ingat-ingat kembali apa saja yang akhir-akhir ini kau lakukan.

Apakah kau mengganti pasta gigi dengan yang baru, mengganti obat kumur, atau justru konsumsi obat-obatan tertentu. Apabila sudah ketemu penyebabnya, segera atasi.

Misalnya bila penyebab gusi nanah yaitu pasta gigi atau obat kumur, maka kau bisa mengganti dengan yang lebih cocok. Namun apabila tidak ada perubahan, gunakan obat gusi nanah alami yang akan saya bagikan nanti.

2. Jaga kebersihan gigi dan mulut

Gangguan ringan, menyerupai gusi bengkak, umumnya sanggup ditangani dengan menunjukkan perhatian lebih pada kebersihan mulut. Menjaga kebersihan gigi dan lisan sanggup kau lakukan dengan cara:
  • Gosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu sehabis sarapan dan sebelum tidur. Ketika mengalami gusi nanah usahakan menggunakan sikat gigi yang lembut. Selain itu, pastikan jangan menggosok gigi terlalu kasar, lebih baik gosok gigi secara perlahan dengan gerakan melingkar.
  • Flossing atau membersihkan gigi dengan menggunakan benang khusus gigi.
  • Berkumur-kumurlah sehabis makan untuk membuang sisa masakan yang mungkin tidak terjangkau oleh sikat gigi. Bila perlu, gunakan obat kumur yang sudah populer akan kualitasnya.

3. Berkumurlah dengan air garam hangat

Berkumur dengan air garam bersama-sama termasuk cara mengobati gusi nanah yang sudah kuno. Namun meski demikian, hingga kini cara ini masih efektif untuk meredakan gusi bengkak.

Air garam mempunyai sifat antibakterial yang sanggup membunuh basil penyebab gusi bengkak. Bahkan ia juga diperkaya dengan kandungan anti-inflamasi yang sanggup menenangkan radang gusi.

Cara mengatasi gusi nanah dengan air garam:
  • Sediakan air hangat sebanyak 1 gelas
  • Tambahkan satu sendok teh garam dapur
  • Aduk-aduk hingga semua garam terlarut sempurna
  • Gunakan air tadi untuk berkumur selama kurang lebih satu menit dengan fokus utama pada gusi bengkak. Ulangi lagi sebanyak 4-5 kali sehari.

4. Banyak minum air putih

Tidak semua minuman itu baik untuk kesehatan. Beberapa minuman tinggi glukosa menyerupai soda, kopi, teh, dan beralkohol sanggup merusak gigi serta menimbulkan radang gusi. Oleh lantaran itu, bila ketika ini kau mengalami gusi nanah sebaiknya jauhi minuman tersebut.

Sebagai gantinya, kau bisa memperbanyak konsumsi air putih. Banyak minum air sanggup mencegah pembentukan plak atau karang gigi sehabis makan. Para mahir merekomendasikan semoga kau mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, atau sekitar 2-3 liter.

5. Konsumsi masakan yang kaya vitamin C dan D

Mulai kini perbanyaklah mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C menyerupai lemon, jeruk, anggur, kiwi, mangga, pepaya, dan stroberi. Vitamin C merupakan antioksidan yang sanggup mempromosikan pertumbuhan jaringan ikat dan regenerasi tulang, sekaligus sanggup menjaga kesehatan gusi.

Selain itu, perbanyak pula asupan vitamin D. Jenis vitamin ini mempunyai sifat anti-inflamasi, sehingga sanggup dipakai untuk mengobati gusi nanah dan mencegah kekambuhannya. Dapatkan vitamin D dengan cara berjemur di pagi hari minimal 30 menit dua kali seminggu, serta jangan lupa konsumsi makanan sumber vitamin D terbaik.

6. Kurangi stres

Para mahir setuju stres menjadi salah satu penyebab gusi nanah yang terjadi secara tidak langsung. Stres memicu menurunnya kekebalan badan kita, sehingga menciptakan sistem imun tidak bisa melawan basil penyebab gusi bengkak.

Untuk mengurangi stres bersama-sama ada banyak jalan. Misalnya kau bisa meluangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga seminggu sekali, menjalani hobi, atau melalukan olahraga penenang pikiran menyerupai yoga dan meditasi.

7. Pilih salah satu ramuan alami berikut

Kadang mengatasi gusi nanah dengan beberapa kebiasaan sehat diatas saja tidak cukup. Kamu perlu ramuan khusus untuk mengobati gusi nanah dengan cepat. Apa sajakah itu?
  • Kantung teh
Menurut penelitian, asam tannic yang terdapat dalam kantung teh mempunyai potensi besar untuk meringankan infeksi gusi dan iritasi yang menimbulkan gusi nanah secara alami.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, celupkan kantong teh kedalam air panas, angkat kemudian biarkan hingga dingin. Setelah itu, tempelkan kantung teh tadi ke penggalan gusi nanah selama 5 menit. Lakukan berulang hingga agak mendingan.
  • Madu alami
Madu mempunyai sifat antiseptik dan antibakterial yang sanggup dipakai untuk mengatasi gusi nanah akhir gingivitis. Oleskan madu secukupnya  ke penggalan gusi nanah sehabis kau menyikat gigi. Namun, jangan terlalu banyak mengoleskan madu ya, lantaran rasa manisnya sanggup menimbulkan ngilu.
  • Baking soda
Beberapa penelitian mengambarkan baking soda sanggup menetralisir asam yang ada dalam mulut. Atas dasar inilah baking soda ampuh untuk mengobati gusi bengkak, penyakit gusi, dan kerusakan gigi.

Menyembuhkan gusi nanah dengan baking soda terbilang mudah. Pertama larutkan baking soda secukupnya kedalam air hangat hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan ke penggalan gusi nanah dan diamkan meresap.
  • Bawang merah
Bawang merah mempunyai sifat anti-inflamasi yang sanggup mengurangi rasa nyeri akhir radang gusi, sakit gigi berlubang, dan gusi bengkak. Meskipun belum ada penelitian terkait, tapi saya sudah mengambarkan sendiri khasiatnya.

Untuk hasil terbaik tambahkan campurkan halusan bawang merah dengan garam. Kemudian oleskan secara merata ke penggalan gusi bengkak. Diamkan hingga meresap, kemudian berkumurlah dengan air hangat.
  • Minyak cengkeh
Minyak satu ini sudah populer mempunyai banyak khasiat, apalagi untuk persoalan lisan dan gigi. Akan tetapi sebelum menggunakan minyak cengkeh sebaiknya pastikan dulu apakah produk yang kau beli orisinil atau tidak.

Untuk penggunaan minyak cengkeh sangatlah mudah. Kamu cukup mengoleskan minyak cengkeh ke penggalan gusi yang nanah minimal 2x sehari. Biasanya hanya dalam 3-4 hari saja gusi nanah sudah sembuh.

Peran gusi pada lisan sangatlah penting sekali. Gangguan sekecil apapun pada gusi sanggup berakibat pada penggalan lisan lain. Jagalah kebersihan lisan dengan cermat, dan lakukanlah perawatan ke dokter gigi secara rutin enam bulan sekali demi mempunyai gigi dan gusi yang sehat.

Itulah ulasan singkat mengenai cara mengobati gusi nanah secara alami yang bisa saya sajikan. Jika ada yang belum terang mengenai pembahasan diatas eksklusif saja sampaikan melalui kolom komentar. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment