Thursday, January 16, 2020

6 Jenis Olahraga Terbaik Bagi Penderita Diabetes

Halo Sobat Ala CaraKu: Melakukan olahraga secara teratur sangat penting, terutama bagi para penderita diabetes. Manfaat penting dari latihan untuk penderita diabetes adalah untuk membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga kadar gula darah mereka selalu terkendali. Namun, setiap latihan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes? Check Out nya review di sini.
Manfaat latihan untuk penderita diabetes

olahraga bagi penderita diabetes
olahraga bagi penderita diabetes

Latihan dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh bagi siapa saja, termasuk penderita diabetes. Kegiatan ini membantu penderita diabetes untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat tubuhnya. Oleh karena itu, orang yang memiliki diabetes tipe 2 beresiko obesitas. Selain itu, ketika berolahraga, tubuh membutuhkan energi ekstra. Hal ini menyebabkan otot dalam tubuh menyerap glukosa sehingga membantu menurunkan kadar gula darah.

Menurut kesehatan sehari-hari, Sheri Colberg-Ochs, Ph.D., pendiri diabetes Motion Academy di Santa Barbara, California, serta profesor di Universitas Old Dominion berkata, "saya sarankan setiap orang di atas usia 40 tahun dengan diabetes untuk mengikuti keseimbangan rutin mingguan. Setidaknya 2-3 hari per minggu. "

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung

Lamanya waktu aktivitas fisik yang direkomendasikan untuk orang sehat usia 18-64 tahun menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah 150 menit per minggu. Pasien diabetes dapat menggunakan pedoman ini dalam membuat rencana untuk latihan, misalnya 3 kali seminggu dengan durasi 50 menit per hari atau 5 kali seminggu dengan durasi 30 menit per hari.

Untuk memulai latihan, Anda harus memulai olahraga dalam 10 menit per sesi. Secara bertahap, pasien dapat meningkatkan lamanya waktu latihan per sesi dengan 30 menit. Ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan kondisi tubuh dengan latihan.
Jenis latihan untuk penderita diabetes

Berikut jenis latihan untuk penderita diabetes yang mudah dilakukan dalam rutinitas sehari-hari:

1. jalan dengan cepat

Kegiatan ini mudah dan sering dilakukan oleh semua orang. Olahraga ini merupakan salah satu kegiatan yang paling sesuai untuk penderita diabetes. Pasien juga dapat menyesuaikan kecepatan sebagai bentuk latihan aerobik untuk meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

2. Kuil Chí

Chi adalah serangkaian gerakan tubuh yang lambat dan halus untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena meningkatkan kebugaran dan kesehatan mental, mengendalikan kadar gula darah, dan mengurangi kerusakan saraf akibat komplikasi diabetes.

3. yoga

Olahraga ini menggabungkan gerakan tubuh yang membangun fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan. Ini membantu pasien diabetes untuk mengurangi stres, meningkatkan fungsi saraf, melawan resistensi insulin, dan meningkatkan kadar gula darah karena meningkatkan otot massa dan mengurangi stres. Plus lain, pasien dapat melakukan latihan ini sesering mungkin seperti yang Anda inginkan.

4. Bersepeda

Bersepeda adalah suatu bentuk latihan aerobik yang menguatkan jantung dan meningkatkan fungsi paru. Selain itu, olahraga ini juga meningkatkan aliran darah ke kaki dan membakar kalori untuk menjaga berat badan. Untuk menghindari jatuh dan cedera atau cuaca yang tidak mendukung, harus latihan ini menggunakan sepeda statis.

5. latihan angkat beban

Latihan ini dianjurkan karena manfaat utama untuk meningkatkan otot massa. Ketika massa otot meningkat akan lebih mudah untuk mengontrol gula darah. Namun, untuk jenis olahraga ini, pasien harus mendapatkan izin dari dokter karena olahraga cukup berisiko dengan cedera.

6. berenang

Olahraga ini sangat ideal untuk penderita diabetes karena tidak memberikan tekanan pada sendi. Berenang juga dapat menurunkan tingkat stres, membakar kalori, dan menurunkan kadar kolesterol. Hal ini lebih mudah dilakukan daripada cara cepat karena pasien harus mengurangi aliran darah ke pembuluh darah kecil yang berlebih yang dapat membuat pasien kehilangan sensasi di kaki, ketika itu terjadi. Namun, memperhatikan keselamatan diri dari yang tidak tergelincir atau menggaruk karena cedera akan lambat untuk menyembuhkan dan rentan terhadap infeksi.
Untuk mencatat diabetes pasien saat berolahraga

Sebelum memulai latihan, pasien harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter Anda. Ini akan memudahkan pasien untuk memilih latihan sesuai dengan kondisinya. Selain itu, dokter juga akan membantu pasien dalam membuat waktu perencanaan olahraga, apakah itu durasi latihan, jenis latihan olahraga dilakukan, dan istirahat dari setiap latihan.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa gula darah sebelum dan sesudah melakukan olahraga. Kemudian, melakukan pemanasan latihan dan pendinginan selama lima menit. Siapkan air minum sehingga tubuh tetap terhidrasi, konsumsi obat yang diresepkan dokter, dan jangan lupa untuk selalu menyediakan makanan ringan sesuai rekomendasi dokter. Sebaiknya, minta orang terdekat untuk membantu Anda memonitor waktu gym, waktu istirahat, dan keselamatan Anda selama berolahraga.

Demikian artikel tentang 6 Jenis Olahraga Terbaik Bagi Penderita Diabetes yang kami rangkum dari beberapa sumber terpecaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

No comments:

Post a Comment