Tuesday, January 14, 2020

Wajib Tahu! Penyebab dan Gejala Awal Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah jenis kanker yang merupakan penyebab utama kematian kanker. Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok memiliki risiko terbesar dari mengembangkan kanker paru-paru, meskipun kondisi ini juga dapat terjadi pada orang-orang yang belum pernah merokok. Periksa penyebab kanker paru-paru dan gejala kanker paru-paru lebih rendah.


Berikut Penyebab kanker paru-paru

Kebanyakan kasus kanker paru-paru disebabkan oleh asap rokok -- baik perokok aktif dan orang-orang yang hanya terkena asap rokok. Namun, kanker paru-paru juga dapat terjadi pada orang-orang yang belum pernah merokok dan dalam mereka yang belum pernah terkena asap rokok untuk waktu yang lama. Dalam hal ini, tidak ada definitif penyebab yang dapat menjelaskan kondisi.

Ketika Anda menghirup asap rokok yang penuh dengan zat menyebabkan kanker (karsinogen), perubahan dalam jaringan paru-paru segera dimulai. Pada awalnya tubuh mungkin dapat memperbaiki kerusakan ini. Tapi saat terpapar berulang, sel normal akan melapisi paru-paru. Seiring waktu, kerusakan menyebabkan sel-sel abnormal dan akhirnya kanker bisa berkembang.

Selagi merokok merupakan faktor risiko terbesar, menggunakan berbagai jenis produk tembakau juga dapat meningkatkan resiko dari mengembangkan kanker paru-paru dan jenis kanker lainnya, seperti kanker esophageal dan kanker mulut. Produk ini termasuk:


  • Cerutu
  • Pipa tembakau
  • Tembakau Chewable

Selain tembakau, ganja juga terkait peningkatan penyebab kanker paru-paru. Pengguna ganja umumnya menghirup lebih dalam dan menahan asap di dalam paru-paru lebih lama dari merokok dari tembakau. Seperti tembakau, ganja juga mengandung zat yang dapat menyebabkan kanker.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa paparan terhadap asap diesel selama bertahun-tahun meningkatkan resiko kanker paru-paru berkembang. Studi lain mengungkapkan, risiko berkembang kanker paru-paru meningkat sekitar 33% Jika Anda tinggal di suatu daerah dengan tingkat tinggi gas nitrogen (dihasilkan oleh kendaraan motor).

Jenis kanker paru-paru
Pada umumnya, kanker paru-paru dibagi menjadi dua jenis didasarkan pada pengamatan sel kanker paru-paru di bawah mikroskop. Dokter Anda akan membuat keputusan pengobatan berdasarkan jenis kanker paru-paru primer yang anda miliki.

Dua jenis kanker paru-paru adalah :

Kanker paru-paru sel kecil
Kanker paru-paru sel kecil terjadi hampir secara eksklusif pada perokok berat dan kurang umum dari kanker paru-paru sel kecil.

Kanker paru-paru non-kecil
Kanker paru-paru Non-kecil adalah istilah umum untuk beberapa jenis kanker paru-paru yang berperilaku sama. Jenis kanker ini termasuk bangkai sel karsinoma, adenocarcinoma dan basal cell carcinoma.

Faktor risiko yang meningkatkan kanker paru-paru
Beberapa faktor risiko dapat dikontrol seperti berhenti merokok, sementara beberapa faktor lain tidak dapat dihindari seperti Sejarah keluarga. Beberapa faktor risiko yang meningkatkan kanker paru-paru, termasuk ... :


  • Kemungkinan kanker paru-paru semakin tinggi tergantung berapa banyak rokok yang kau hisap setiap hari dan berapa lama kau merokok.
  • Terkena gas radon: gas ini dihasilkan oleh kerusakan alami uranium di jelaga, batu dan air yang akhirnya menjadi bagian dari udara Anda bernapas. Gas Radon bisa menumpuk di setiap bangunan, termasuk rumah-rumah.
  • Sejarah keluarga: jika anggota keluarga terkena kanker paru-paru, maka kau beresiko terkena penyakit ini juga.
  • Paparan ke asbes dan karsinogen lainnya. Paparan asbes di tempat kerja dan zat lain yang dikenal dapat menjadi penyebab kanker - seperti arsenik, kromium dan nikel, dapat meningkatkan risiko berkembang kanker paru-paru, terutama jika Anda adalah perokok.
  • Gejala kanker paru-paru
  • Kebanyakan penderita tidak mengalami gejala kanker paru-paru sampai penyakitnya menyebar. Beberapa orang mengalami gejala ringan pada tahap awal, tapi gejala ini lebih sering berasal dari masalah kesehatan lainnya atau faktor lainnya seperti merokok.


Gejala kanker paru-paru yang dapat diidentifikasi, termasuk:


Sesak napas
Sesak napas dan sesak napas adalah gejala kanker paru-paru stadium awal. Selain sesak napas beberapa orang mengalami batuk, sementara yang lain kesulitan bernapas tapi jangan batuk.

Mengi sendiri dapat dikaitkan dengan beberapa penyebab, beberapa yang jinak dan mudah diobati. Jangan berasumsi bahwa mengi disebabkan oleh asma atau alergi. Minta dokter untuk mengkonfirmasi penyebabnya.

Batuk
Batuk ringan yang tidak sembuh dapat menunjukkan gejala kanker paru-paru stadium awal. Selain itu, batuk yang berdarah juga dapat disebabkan oleh kanker paru-paru atau masalah lain dengan paru-paru. Segera ke rumah sakit jika Anda mengalami gejala ini.

Kelelahan.
Kanker paru-paru dapat menyebabkan sel darah merah dihitung dalam tubuh untuk menurun. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut anemia. Karena sel darah merah membawa oksigen, seseorang dengan anemia mungkin tidak mengambil cukup oksigen untuk mendukung kebutuhannya. Kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan berat sehingga membuat Anda sulit untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Bahu, dada, atau sakit punggung
Pada tahap awal, gejala kanker paru-paru umumnya tidak membuat penderita merasa sakit. Namun, rasa sakit terjadi ketika kanker paru-paru menyerang dinding dada, tulang belakang, atau saraf tertentu. Sebagai contoh, Pancoast tumor yang pada bagian atas paru-paru, sering menyerang sekitar jaringan dan menyebabkan sakit di bahu.

Suara Hoarseny
Gejala kanker paru-paru berikutnya yang umum adalah suara Hoaseny. Seseorang dengan kanker paru-paru atau penyakit pernapasan lain dapat mengembangkan suara hoarseny. Kondisi ini bisa terjadi jika tumor menekan saraf larynx terletak di dalam dada. Ketika saraf dikompresi, dapat melumpuhkan pita suara dan menyebabkan suara untuk berubah.

Berat
Berat badan turun 4,5 kg atau lebih yang tidak dapat dijelaskan mungkin gejala kanker paru-paru atau jenis kanker lainnya. Penurunan berat badan dapat disebabkan oleh sel-sel kanker yang menggunakan energi tubuh atau cara tubuh menggunakan energi dari makanan.

Bone pain
Kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang dapat menghasilkan rasa sakit di belakang atau daerah lain dari tubuh. Mungkin sulit untuk membedakan antara tulang dan otot sakit, tetapi sakit tulang sering memburuk di malam hari dan meningkat dengan gerakan.

Sakit kepala
Gejala kanker paru-paru adalah tanda bahwa kanker telah menyebar ke otak. Namun, tidak semua sakit kepala berhubungan dengan metastatik otak.

Kadang-kadang, tumor paru-paru dapat membuat tekanan pada cava Venesia unggul, yaitu vena besar yang bergerak darah dari tubuh bagian atas ke jantung. Tekanan seperti itu dapat memicu sakit kepala, atau dalam kasus yang lebih parah dapat memicu migrain.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai penyebab dan gejala awal kanker paru-paru.

No comments:

Post a Comment