Monday, June 10, 2019

Manfaat Daun Insulin Dan Dampak Sampingnya

Daun insulin digadang-gadang mempunyai banyak manfaat. Apa saja manfaat daun insulin dan adakah imbas sampingnya?


Apa saja manfaat daun insulin dan adakah imbas sampingnya Manfaat Daun Insulin dan Efek Sampingnya


Daun insulin berasal dari tumbuhan umbi-umbian berjulukan yakon (Smallanthus sonchifolius). Berdasarakan sejarahnya, tumbuhan ini berasal dari Meksiko kemudian menyebar ke Amerika Tengah dan Selatan hingga hasilnya hingga ke Asia, termasuk Indonesia.


Tanaman insulin atau yakon ini mempunyai ciri-ciri berdaun menjari berwarna hijau tua, batang berkayu dengan tinggi 1-3 meter, bunga berwarna kuning menyerupai bunga matahari dan umbi berwarna cokelat menyerupai mirip singkong namun dengan rasa yang manis.


Di Indonesia, daun insulin populer akan khasiatnya sebagai obat herbal diabetes. Bahkan telah tersedia dalam bentuk kapsul. Hal ini tak lepas dari sejumlah kandungan materi aktifnya yang mempunyai imbas farmakologis, menyerupai frukto-oligosakarida, senyawa fenolik dan lain sebagainya.


Lebih jauh, simak banyak sekali manfaat daun insulin berikut ini


1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan


Daun insulin diketahui mengandung materi prebiotik yang bisa merangsang secara selektif pertumbuhan maupun kegiatan dari basil baik dalam usus, menyerupai Bifidobacteria dan Lactobacillus. Sifat prebiotik daun insulin inilah yang besar lengan berkuasa besar dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.


Selain itu, senyawa frukto-oligosakarida (FOS) pada tumbuhan yakon atau insulin ini tergolong sebagai serat masakan yang berguna dalam mengatasi sembelit lantaran bisa mempercepat waktu transit makanan melalui kanal pencernaan dan meningkatkan frekuensi defekasi.


2. Menurunkan Kolesterol


Manfaat daun insulin sanggup pula dirasakan bagi mereka yang bermasalah dengan tingginya kadar kolesterol. Daun insulin termasuk umbinya mengandung senyawa polifenol yang berguna dalam membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang menjadi salah satu penyebab stroke dan serangan jantung.


3. Meminimalkan Risiko Osteoporosis


Senyawa frukto-oligosakarida (FOS) pada daun insulin diketahui sanggup meningkatkan konsentrasi mineral menyerupai kalsium dan magnesium yang merupakan faktor kunci dalam pencegahan banyak sekali kondisi terkait dengan kesehatan tulang menyerupai osteoporosis.


Adanya peningkatan konsentrasi mineral ini sendiri disebabkan oleh pertumbuhan dari basil penghasil asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acid/SCFA) yang kehadirannya sanggup dirangsang oleh frukto-oligosakarida (FOS).


4. Meningkatkan Testosteron


Bukti terbatas menawarkan sebetulnya ekstrak umbi yakon dan daun insulin bisa meningkatkan jumlah sperma dan kadar testosteron serum.


Dalam sebuah penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Biomolecules & Therapeutics, didapatkan sebuah bukti akan adanya kemungkinan bagi tumbuhan yakon untuk dijadikan sebagai obat herbal dalam membantu mengatasi infertilitas laki-laki dan kadar testosteron rendah kronis menyerupai pada kasus hipogonadisme onset lambat (late onset hypogonadism, LOH).


5. Obat Herbal Diabetes


Dari sejumlah manfaat daun insulin bagi kesehatan, kemampuannya dalam ‘menggilas’ penyakit diabetes menjadi yang paling banyak dikenal. Manfaatnya ini berasal dari senyawa phenolic yang bisa menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat alfa glukosidase dan senyawa frukto-oligosakarida yang berperan dalam memodulasi sindrom metabolik dan dislipidemia.


Beberapa manfaat daun insulin lainnya diantaranya untuk mengurangi risiko kanker usus, membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan kanal kemih, menjaga kesehatan fungsi hati dan lain sebagainya.


Efek samping daun insulin yang perlu diperhatikan


Konsumsi moderat daun insulin secara umum dianggap aman. Namun akan berbeda apabila dikonsumsi secara berlebih. Dimana berisiko menjadikan imbas samping pada sistem pencernaan, menyerupai mual, diare dan perut kembung. Beberapa orang yang alergi terhadap biji bunga matahari pun disarankan untuk tidak mengonsumsi daun insulin.


Lebih jauh, menurut Journal of Ethnopharmacology, penggunaan jangka panjang ekstrak daun insulin yang biasa dikonsumsi sebagai teh berpotensi mempunyai imbas beracun bagi ginjal. Efek toksisitas ini disinyalir terkait dengan kandungan sesquiterpene yang cukup tinggi pada daunnya.


Oleh lantaran itu, meski daun insulin mempunyai sejumlah manfaat – utamanya terhadap orang-orang dengan gula darah tinggi, namun imbas sampingnya pun perlu diperhatikan. Terlebih jika ingin memanfaatkannya dalam jangka panjang. Demi keamanan, disarankan untuk berkonsultasi dahulu pada dokter andal sebelum memakai obat-obatan herbal tertentu.


No comments:

Post a Comment