Thursday, July 25, 2019

Berbagai Cara Alami Mengobati Sesak Nafas Tanpa Obat

Sesak nafas merupakan kondisi dimana pernafasan terasa sesak. Pada sebagian penderitanya, sesak nafas terasa menyerupai tercekik. Kondisi ini tentunya menciptakan rasa tidak nyaman, baik ketika beristirahat, bekerja, ataupun ketika sedang menjalankan kegiatan lainnya. Itulah mengapa sangat penting mengobati sesak nafas sesegera mungkin biar Anda sanggup terlepas dari segala bentuk ketidaknyamanan jawaban penyakit tersebut.


Apa Penyebab Terjadinya Sesak Nafas?


Sebelum membahas cara alami mengobati sesak nafas, alangkah baiknya kalau kita ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Dalam kondisi tertentu, menyerupai ketika berada di kawasan yang minim oksigen atau dalam kondisi tubuh yang terlalu lelah, beberapa orang akan mengalami sesak nafas. Akan tetapi pernafasan akan normal pada ketika situasinya kembali menyerupai semula.


Sesak nafas merupakan kondisi dimana pernafasan terasa sesak Berbagai Cara Alami Mengobati Sesak Nafas Tanpa Obat

Mengobati Sesak Napas tanpa Obat Aladokter


Sesak nafas secara umum bukanlah sebuah dilema yang serius sebab cukup banyak orang yang mengalaminya. Namun kalau hal tersebut terjadi secara tiba-tiba, apa lagi diikuti dengan tanda-tanda demam, sesak pada tenggorokan, dan sesak pada penggalan dada, maka hal itu perlu segera dikonsultasikan kepada dokter. Langkah ini penting untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.


Meskipun secara umum sesak nafas bukanlah sesuatu yang perlu dihawatirkan, namun beberapa faktor kesehatan juga sanggup menjadi pemicunya. Seperti contohnya kondisi-kondisi menyerupai abses jalan masuk pernafasan, anemia, bronkitis yang sudah kronis, jantung, dan alergi. Penyakit-penyakit tersebut sanggup menjadi pemicu munculnya sesak nafas.


Mengobati Sesak Nafas secara Alami tanpa Obat


Sesak nafas atau disebut juga dengan dyspnea yaitu kondisi gangguan kesehatan yang kalau dibiarkan tentu akan sangat mengganggu kegiatan keseharian kita. Karenanya, penyakit ini perlu untuk segera diatasi. Dibawah ini yaitu banyak sekali cara alami mengobati sesak nafas yang sanggup dilakukan tanpa memakai obat, yaitu:




  1. Pernafasan Diafragma




Pernafasan diafragma atau disebut juga dengan pernafasan perut diyakini sanggup membantu seseorang untuk mengobati sesak nafasnya.


Cara melakukannya diantaranya ialah :



  • Berbaring terlentang dan letakan tangan pada penggalan perut! Upayakan biar kondisi tubuh serta otot-ototn dalam keadaan serileks mungkin!

  • Tarik nafas dalam-dalam hingga anda mencicipi seluruh rongga paru-paru terisi oleh oksigen!

  • Tahanlah selama beberapa detik kemudian lepaskan hingga seluruh rongga paru-paru menyerupai kosong!

  • Lakukan secara berulang selama 5 – 10 menit! Anda sanggup melaksanakan cara ini 3 kali dalam sehari.


2. Mengencangkan Pernafasan Bibir


Selain sanggup mengobati pernafasan, cara yang satu ini juga sanggup menghilangkan stres dan depresi.


Cara melakukannya:



  • Duduk dan rilekskan seluruh otot-otot leher dan bahu!

  • Pertahankan biar kondisi bibir saling menempel, kecuali pada penggalan tengahnya!

  • Tarik nafas melalui hidung kemudian keluarkan melalui bibir yang dalam kondisi mengkerut!

  • Lakukan cara ini selama 10 menit setiap harinya.


Anda sanggup melaksanakan teknik ini kapan saja ketika anda mencicipi sesak nafas.


Baca Juga : 20 Gejala Tipes dan Cara Pencegahannya


3. Mengonsumi Kopi Hitam


Secangkir kopi hitam bukan hanya nikmat rasanya tapi juga sanggup dipakai untuk mengobati sesak nafas. Kafein yang ada di dalam kopi sanggup memperbaiki jalan pernafasan dan mengatasi otot-otot pernafasan yang kelelahan. Bukan hanya itu saja, kopi juga sanggup mengatasi tanda-tanda penyakit asma. Minumlah kopi hitam 1 – 2 cangkir dalam sehari! maka nafas pun akan segera nyaman kembali. Namun yang perlu diingat adalah, hindari mengonsumsi kopi secara berlebihan sebab akan meningkatkan detak jantung anda.


4. Menghirup uap


Cara lainnya untuk mengobati sesak nafas tanpa obat yaitu dengan cara menghirup uap. Asap panas yang dihasilkan dari uap air sanggup melarutkan lendir yang berada di jalan pernafasan. Caranya ialah sebagai berikut :



  • Isilah sebuah mangkuk dengan air yang suhunya sangat panas!

  • Tuangkan setetes minyak esensial, menyerupai minyak esensial eucalyptus atau peppermint!

  • Tampakan wajah anda di atasnya, Jangan lupa kenakan handuk higienis di kepalanya!

  • Setelah itu, tariklah nafas dalam-dalam dengan menghirup udara uap tersebut!


Lakukan cara ini kapan saja setiap anda mengalami sesak nafas.


 


5. Mengonsumsi Ramuan Jahe


Selain segar ketika dimanfaatkan sebagai minuman, jahe juga merupakan salah satu dari jenis rempah-rempah yang sanggup mengobati sesak nafas. Beberapa zat yang ada di dalamnya sanggup membantu sekresi lendir sehingga pernafasan pun akan lancar.


Caranya:


a. Seduhlah Secangkir Teh Jahe.


Anda sanggup menambahkan beberapa potong jahe pada air teh kemudian rebuslah hingga mendidih. Tambahkan madu kemudian aduklah hingga rata untuk menambah rasa biar terasa lebih nikmat.


 


b. Mengunyah jahe


Selain diolah menjadi minuman, anda juga sanggup menyunyah beberapa potong jahe yang sudah dikupas dan dicuci bersih. atau cara yang lebih gampang lagi yakni dengan mengonsumsi permen jahe.


 


6. Konsumsi Buah Bit


Salah satu penyebab terjadinya sesak nafas yaitu jawaban kekurangan zat besi. Untuk mengatasinya, anda sanggup mengkonsumsi buah bit. Di dalam buah bit terkandung zat besi, kalsium, potasium, dan juga serat.


Caranya:



  • Pangganglah 1 – 2 buah bit beserta kulitnya kemudian sehabis hirau taacuh kupas kemudian makan!

  • Cara lain yang sanggup dilakukan yaitu dengan menciptakan ekstrak buah bit. Buatlah jus bit berukuran sedang, segenggam bayam, sebuah wortel, dan setengah ubi jalar.



7. Adas


Cara lainnya yang sanggup dilakukan untuk mengobati sesak nafas yaitu dengan mengonsumsi biji adas. Adas sanggup membantu tubuh untuk memecah dahak di dalam jalan masuk pernafasan. Tidak hanya itu saja. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya juga sanggup dipakai untuk mengobati anemia.


Caranya:



  • Tambahkan 1 sendok teh biji adas ke dalam segelas air panas. Diamkan selama 10 menit kemudian saringlah. Setelah itu, tambahkan madu secukupnya biar rasanya semakin nikmat!

  • Cara lainnya yaitu kunyah satu sendok biji adas yang sudah kering.


 


8. Menghindari Kebiasaan Merokok


Siapapun orangnya, baik perokok aktif maupun perokok pasif sama-sama mempunyai resiko untuk terkena sesak nafas. Di dalam asap rokok terkandung banyak sekali materi berbahaya yang akan menciptakan orang yang menghirupnya mengalami gangguan pernafasan. Disamping membantu anda dari gangguan sesak nafas, berhenti merokok juga akan menurunkan resiko kangker paru-paru yang salah satu gejalanya yaitu sesak nafas. Karenanya, berhentilah merokok kini juga! Anda sanggup berkonsultasi dengan dokter kalau sulit untuk menghentikan kebiasaan yang satu ini.


Baca Juga : Penyebab Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya


9. Membiasakan Berjalan Kaki


Berjalan kaki sanggup membantu menurunkan resiko terkena sesak nafas. Selain itu, jalan kaki juga sanggup menjadi altrelatif yang baik dalam rangka menurunkan berat badan. Untuk itulah, biasakan berjalan kaki secara teratur setiap harinya. Anda sanggup berjalan kaki antara 30 – 60 menit setiap harinya sebanyak 5 kali dalam seminggu. Jika dilakukan secara rutin maka anda akan mencicipi manfaatnya.


 


10. Terapi


Cara lain yang sanggup dilakukan untuk mengobati sesak nafas yaitu dengan cara melaksanakan banyak sekali terapi. Terapi-terapi menyerupai yoga dan relaksasi sanggup meningkatkan pemikiran darah dan juga oksigen ke seluruh tubuh sehingga sistem pernafasan pun akan berjalan dengan baik. Disamping itu, terapi ini juga akan mengurangi stres dan depresi pada seseorang. Untuk melaksanakan terapi yang sehat, maka anda perlu melaksanakan hal tersebut di kawasan yang mempunyai udara sehat sehingga oksigen yang anda hirup pun relatif bersih.


 


Tips Mengatasi Sesak Nafas


Selain cara-cara di atas, ada beberapa cara yang sanggup anda lakukan ketika terjadi sesak nafas, yaitu:



  • Jika anda sulit tidur, usahakan untuk tidur dengan bantal! Selain itu, anda juga sanggup tidur miring dengan bantal pada kanan dan kirinya.

  • Hindari tidur di ruangan yang terlalu hangat!

  • Ubahlah posisi tidur senyaman mungkin!

  • Hentikan kegiatan dan beristirahat hingga sesak nafas sembuh!

  • Cobalah untuk sedikit mengalihkan perhatian terhadap suatu hal lain, untuk mengurangi sesak nafas!

  • Hindarilah paparan zat-zat kimia beracun yang ada di lingkungan sekitar!

  • Mengkonsumsi banyak air biar tubuh tetap terhidrasi dan mengencerkan lendir yang berada di dalam sistem pernafasan.

  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

  • Hindari mengkonsumsi obat atau komplemen tanpa resep dari dokter!


Beberapa pembagian terstruktur mengenai di atas merupakan cara alami mengobati sesak napas yang sanggup anda lakukan  tanpa memakai obat, Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment