Tuesday, July 16, 2019

Bisakah Menghilangkan Nanah Dengan Pasta Gigi? Cek Faktanya

Bisakah Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi? Ini beliau jawabannya.


Bisakah Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi Bisakah Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi? Cek Faktanya


Bagi sejumlah orang, kehadiran satu dua jerawat di wajah kolam petir di siang bolong. Atas nama aesthetic, banyak sekali cara pun dilakukan untuk mengusirnya segera. Salah satunya yakni dengan memakai pasta gigi. Namun, benarkah ini cara yang ampuh dan aman?


Asal muasal pasta gigi dijadikan obat jerawat


Ide simpel menyerupai ini mungkin tertanam akrab pada mereka yang gemar ‘bereksperimen’ dengan produk rumahan ketika menjumpai persoalan kulit. Sekilas tak salah, alasannya yaitu pada faktanya di dalam sejumlah merek pasta gigi terkandung beberapa materi aktif yang sanggup membunuh bakteri. Satu diantaranya yakni, triclosan.


Triclosan memang bersifat antimikroba. Dalam beberapa penelitian pun dinyatakan bahwa triclosan sanggup membunuh Propionibacteria acnes – kuman penyebab jerawat. Bahkan triclosan gotong royong dipakai pula pada beberapa produk perawatan untuk wajah berjerawat. Meski hanya sebagai materi pengawet, bukan materi aktif.


Di tambah lagi dengan sejumlah kandungan lainnya menyerupai hidrogen peroksida yang sanggup mengeringkan juga mengecilkan jerawat dan materi mentol yang sanggup memperlihatkan sensasi hambar nan menenangkan pada jerawat yang meradang. Beberapa hal tersebutlah yang menjadi alasan di balik penggunaan pasta gigi sebagai obat jerawat.


Lantas, bisakah menghilangkan jerawat dengan pasta gigi?


Menilik pada sejumlah alasan di atas, sah-sah saja memakai pasta gigi untuk menghilangkan jerawat. Namun ada hal yang lebih penting dan perlu diperhatikan, yakni esensi dari pasta gigi itu sendiri. Dimana ia tidaklah dirancang untuk berkontak secara pribadi pada kulit, terlebih pada kulit wajah yang begitu sensitif.


Pun demikian dengan bahan-bahan aktif didalamnya yang sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengendalikan atau mengatasi persoalan jerawat. Melainkan untuk mengurangi plak, menjaga kesejukan napas dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan gigi juga mulut.


Jadi sekalipun terlihat hasil dimana jerawat mungkin menjadi mengering atau menyusut, namun tetap saja cara ini tidak disarankan. Lantaran risikonya lebih besar dibandingkan dengan manfaat yang didapatkan.


Alih-alih mengusir jerawat, penggunaan pasta gigi pada kulit berjerawat berisiko besar mengacaukan keseimbangan pH alami kulit yang sanggup memicu iritasi maupun peradangan. Akibatnya, persoalan jerawat yang dialami justru akan semakin memburuk.


Jadi, lebih baik tinggalkan dan pilihlah opsi yang lebih aman


Tak perlu terlampau jauh bereksperimen dengan pasta gigi hanya untuk mengusir satu dua jerawat. Masih banyak materi alami lain yang efektif dan gampang didapatkan. Misal dengan memakai masker madu atau pengecap buaya, mencuci wajah dengan sabun sulfur, mengoleskan sedikit tea tree oil, memakai air jeruk nipis dan beberapa cara lainnya.


Kendalikan pula hasrat untuk terus menyentuh atau memencet jerawat alasannya yaitu berisiko menjadikan nanah dan meninggalkan bekas bopeng ketika jerawat telah sembuh. Kebersihan sprei dan sarung bantal pun harus senantiasa dijaga. Maka rutinlah mengganti atau mencucinya tiap seminggu sekali.


Pada akhirnya, pasta gigi bukanlah merupakan penanganan yang sempurna untuk mengatasi jerawat. Masih banyak opsi lain yang jauh lebih efektif dan kondusif untuk digunakan. Jadi, jauhkan pasta gigi dari kulit wajah. Cukup gunakan sebagaimana fungsi seharusnya.


No comments:

Post a Comment