Tuesday, August 27, 2019

Cara Ampuh Menghancurkan Kerikil Ginjal Dan Mengeluarkannya

Batu ginjal merupakan penyakit dimana terdapat benda padat di dalam ginjal. Benda ini berasal dari air seni yang terkonsentrasi sehingga asam garam dan mineral-mineral lainnya tetap menyatu dan memadat. Hasil pemadatan dari asam garam dan mineral inilah yang disebut dengan kerikil ginjal. Lantas, bagaimana cara menghancurkan kerikil ginjal dan mengeluarkannya?


Ya, bagi yang sudah mempunyai kerikil di ginjalnya, maka memang diharapkan cara menghancurkan dan mengeluarkan kerikil ginjal lantaran tentu saja kondisi ini akan mengakibatkan masalah. Memang pada ketika ukurannya masih kecil, kerikil ginjal tidak terlalu mengakibatkan rasa sakit. Akan tetapi bila kerikil tersebut sudah berukuran besar maka akan menimbulkan rasa nyeri, baik ketika membisu ataupun ketika buang air kecil.


Batu ginjal merupakan penyakit dimana terdapat benda padat di dalam ginjal Cara Ampuh Menghancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya


Kenali Ciri-ciri seseorang Terkena Batu Ginjal


Sebelum Anda menerapkan cara menghancurkan kerikil ginjal, maka langkah pertama ialah memastikan apakah benar masalah yang sedang Anda hadapai ketika ini ialah kerikil ginjal. Untuk memastikannya tentu saja memerlukan investigasi oleh dokter, bahkan sanggup jadi dokter akan menganjurkan investigasi penunjang dengan alat-alat yang canggih seperti, urinalisis, USG dan foto rongsen.


Di samping itu, hal pertama yang perlu kita curigai ialah tanda-tanda yang dirasakan, berikut ciri-ciri dan tanda-tanda kerikil ginjal:


1. Terasa nyeri ketika buang air kecil


Memang tidak semua masalah nyeri ketika buang air kecil disebabkan oleh kerikil ginjal, namun ini sanggup menjadi salah satu ciri-cirinya. Maka dari itu, seseorang yang sering mencicipi sakit ketika buang air kecil harus berhati-hati. Perbanyaklah minum air putih, apabila terus berlanjut hubungi dokter.


2. Pinggang dan punggung terasa nyeri


Ciri penyakit ginjal yang selanjutnya ialah terasa nyeri di potongan punggung dan piggang. Hal ini disebabkan adanya tekanan pada jaringan kemih yang menciptakan pinggang dan punggung menjadi nyeri.


3. Kencing berwarna


Ciri penyakit kerikil ginjal yang berikutnya ialah air kencing berwarna merah, merah muda, atau cokelat. Perubahan warna pada air kencing ini disebabkan adanya luka yang terjadi pada uretra atau terusan kencing sehingga menimbulkan lecet atau keluarnya darah pada terusan tersebut.


Cara Menghancurkan Batu Ginjal Hingga Tuntas


Secara umum, ada dua cara untuk menghancurkan kerikil ginjal, yaitu dengan pengobatan di rumah dan dengan melalui mekanisme medis.


# Cara Alami Menghancurkan Batu Ginjal di Rumah


Adapun cara menghancurkan kerikil ginjal dengan pengobatan di rumah diantaranya:


1. Konsumsi air putih yang cukup


Air ternyata cairan yang sangat ampuh sebagai penghancur kerikil ginjal. Untuk itu, penuhi kebutuhan badan terhadap air putih ini. bila kebutuhan air putih pada orang bukan penderita kerikil ginjal ialah 8 – 10 leiter setiap harinya, maka bagi anda yang mempunyai masalah pada ginjal harus mengkonsumsi air minimal 2.8 liter setiap harinya. Air ini akan mengikis keberadaan kerikil ginjal tersebut sehingga secara perlahan kerikil ini pun akan hilang.


2. Lemon


Penghancur kerikil ginjal lainnya ialah buah lemon. Ada banyak sekali khasiat lemon. Selain mempunyai kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi, lemon juga mengandung asam sitrat. Salah satu fungsi zat ini ialah sanggup menghancurkan kerikil kalsium. Untuk itu, konsumsilah jus lemon ini minimal 125 ml setiap harinya hingga kerikil ginjal anda benar-benar hilang. Selangkapnya baca disini: Inilah Manfaat Jeruk Lemon yang Telah Terbukti Ilmiah


3. Mengurangi konsumsi garam dan protein


Cara untuk menghancurkan kerikil ginjal yang selanjutnya ialah dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi protein dan garam. Protein sanggup menimbulkan meningkatnya oksalat dan asam urat. Selain itu, protein juga mengandung zat welirang yang akan memperparah kondisi kerikil ginjal anda. sementara garam sanggup menimbulkan kadar kalsium dalam urin meningkat sehingga secara otomatis kerikil ginjal pun akan semakin mengeras.


4. Kurangi konsumsi soft drinks


Sekilas soft drinks ialah minuman yang sangat menyegarkan. Tapi tahukah anda dibalik rasanya yang segar tersebut, ada banyak efek samping yang sanggup ditimbulkannya, salah satunya ialah sanggup memperparah kondisi kerikil ginjal. Hal itu lantaran di dalam minuman ringan atau soft drinks terkandung asam fosfat.


5. Masukan sayuran dan buah sebagai daftar menu sehari-hari


Cara lainnya untuk menghancurkan kerikil ginjal di dalam badan ialah dengan banyak-banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan ibarat gandum, jagung, berry, artichoke, apel dan lain sebagainya sanggup menghancurkan kerikil ginjal di dalam tubuh. Hal itu lantaran sebagian besar dari sayur dan buah-buahan tersebut mengandung serat yang sanggup membantu mengurangi kristalisasi garam kalsium dalam urin.


6. Olahraga


Cara lain untuk menghancurkan kerikil ginjal ialah dengan berolahraga. Dengan berolahraga, maka kerikil ginjal secara perhalan akan bergerak dan pada hasilnya akan keluar melalui terusan kencing. Ada Untuk itu, anda sanggup berjalan kaki,jogging, dan aneka olahraga ringan lainnya untuk membantu keluarnya kerikil ginjal dari dalam tubuh.


Sebagai catatan bahwa cara-cara di atas hanya sanggup dilakukan bila ukuran kerikil ginjal masih kecil atau dibawah 3 mm atau ukurannya masih lebih kecil daripada diameter terusan kencing.


# Cara Medis untuk Menghancurkan Batu Ginjal


Sedangkan bila kerikil ginjal sudah berukuran besar, maka untuk menghancurkanya harus dengan mekanisme medis. Beberapa mekanisme medis yang biasanya disarankan untuk menghancurkan batu ginjal sekaligus mengeluarkannya adalah:


1. Menggunakan metode extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL)


Ini ialah cara penghancur kerikil ginjal dengan memakai bunyi dimana dokter akan mengirimkan bunyi dengan gelombang tertentu yang sanggup menghasilkan getaran yang kuat. Getaran inilah yang menciptakan kerikil ginjal menjadi pecah dan hancur. Pada umumnya proses ini memakan waktu antara 45 – 60 menit. Efek samping metode ini ialah terjadinya pendarahan di sekitar ginjal, rasa sakit ketika kerikil melalui terusan urin, perut akan terasa memar, dan beberapa efek samping lainnya.


2. Ureteroskopi


Metode ini dilakukan dengan memakai derma sebuah tabung dan kamera khusus (uteroscope) yang akan menghancurkan kerikil ginjal sehingga serpihan-serpihan kerikil tersebut sanggup keluar melalui ureter atau terusan kencing.


3. Pembedahan


Cara lain untuk mengangkat kerikil ginjal ialah dengan pembedahan. Cara ini dilakukan dengan cara menyayat potongan punggung dan dengan peralatan canggih dokter akan mengambil kerikil ginjal yang ada di dalam badan anda.


4. Penanganan Penyakit Penyebab


Ini ialah metode menghancurkan kerikil ginjal dengan melihat kondisi badan seseorang. Misalnya saja dokter akan melihat seberapa aktif kelenjar paratiroid. Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif akan menimbulkan meningkatnya kadar kalsium dan sanggup menghasilkan kerikil kalsium fosfat. Dan bila ini ialah persoalannya, maka dokter pun akan melaksanakan operasi kelenjar paratiroid.


Lebih lanjut, baca juga: Inilah 7 Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya


Di atas ialah aneka macam cara ampuh untuk menghancurkan kerikil ginjal, baik penanganan secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri atau dilakukan di rumah maupun melalui mekanisme medis. Hal itu sangat tergantung pada kondisi kerikil ginjal si pasien.


Jika kondisinya masih dalam lavel gejala, maka penanganannya sanggup dilakukan di rumah tapi bila kondisii kerikil ginjal tersebut sudah besar dan tidak sanggup melalui terusan kencing, maka untuk menghancurkannya harus dengan mekanisme medis. Untuk menentukannya, anda harus berkonsultasi dengan dokter. Dengan melaksanakan konsultasi kepada pihak yang benar, maka anda pun akan mendapat penanganan yang benar pula.


Jangan hingga anda berkonsultasi kepada pihak yang salah lantaran sanggup berakibat pada penanganan yang salah pula, dan hal itu sanggup berakibat cukup fatal bagi penyembuhan kerikil ginjal anda.


Itulah pembahasan ihwal cara ampuh menghancurkan kerikil ginjal. Semoga pembahasan di atas bermanfaat.


No comments:

Post a Comment