Monday, August 12, 2019

Manfaat Timun Suri Yang Belum Banyak Diketahui

Siapa yang tidak kenal dengan timun suri? Buah yang mempunyai bentuk lonjong dengan kulitnya berwarna kuning ini tak hanya menjadi salah satu sajian favorit bagi masyarakat Indonesia, terutama sebagai buah ketika berbuka puasa. Buah ini juga mempunyai segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan badan manusia. Manfaat timun suri akan sangat dirasakan bagi badan apabila dikonsumsi secara rutin setiap harinya.


Timun suri termasuk ke dalam jenis labu-labuan atau dalam bahasa Latin disebut dengan Cucurbitaceae. Di dalamnya terkandung aneka zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh, vitamin A, vitamin C, kalium, asam linoleat, fluktosa, saponin, potasium, dan magnesium. Dari zat-zat yang terkandug di dalamnya sudah terperinci sanggup kita ketahui bahwa buah yang menjadi salah satu faforit masyarakat ini ternyata bukan hanya menyegarkan saja tapi juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.


Siapa yang tidak kenal dengan timun suri Manfaat Timun Suri yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Timun Suri


Aneka Manfaat Timun Suri


Dibawah ini yaitu aneka manfaat timun suri yang belum banyak diketahui oleh orang, yaitu:




  1. Membantu Proses Detoksivikasi




Tubuh mempunyai sistem detoksivikasi sebagai cara untuk membuang racun-racun yang ada di dalamnya. Dengan mengkonsumsi timun suri secara seimbang akan membantunya dalam memperlancar pembuangan racun-racun atau detoksivikasi dari dalam tubuh. Terdapat bermacam-macam jenis racun yang sanggup dibuang melalui konsumsi timun suri ini, salah satunya yaitu cacing pita yang merupakan benalu yang cukup berbahaya bagi kesehatan.


2. Melancarkan Pencernaan


Timun suri atau barteh mempunyai khasiat untuk memperlancar sistem pencernaan. Hal itu alasannya buah yang satu ini mengandung banyak air sehingga sanggup memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh. Oleh alasannya itu, bagi anda yang mempunyai keluhan menyerupai gastritis atau tukak lambung dan maag sangat pas jikalau mengkonsumsi buah yang satu ini.


3. Mencerdaskan Otak Janin


Manfaat timun suri yang berikutnya yaitu untuk menciptakan otak janin menjadi cerdas. Oleh alasannya itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur. Tapi jangan berlebihan alasannya sanggup menurunkan tekanan darah.


4. Sumber Antioksidan


Tubuh membutuhkan antioksidan untuk membantunya melawan dari segala bentuk penyakit yang mematikan, Timun suri yaitu salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Di dalamnya terdapat kalium, mangan, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. zat-zat tersebut sangat baik dipakai oleh badan untuk menangkal segala radikal bebas yang masuk ke dalamnya.


Baca Juga : 100 Makanan Penambah Darah Bagi Ibu Hamil


5. Pendukung Program Diet


Bagi anda yang ketika ini sedang menjalankan kegiatan diet, anda sanggup memasukan timun suri ke dalam daftar sajian sehari-hari. Di dalam timun suri terkandung air dan serat dalam jumlah yang cukup banyak. Dua unsur ini akan membantu badan untuk mengeluarkan lemak-lemak yang ada di dalamnya.


6. Baik untuk Kesehatan Mata


Bukan hanya buah wortel saja yang baik untuk kesehatan mata, timun suri pun sangat dianjurkan untuk menyehatkan mata. Hal itu alasannya di dalam timun suri terkandung asam askorbat serta asam caffeic yang sanggup mengurangi tingkat ritensi air sehingga sangat pas untuk mengatasi infeksi pada mata. Selain itu, di dalam timun ini juga terkandung vitamin A yang kita tahu sangat baik untuk mata.


7. Sebagai Buah Anti Kangker


Kangker yaitu salah satu penyakit yang mematikan di dunia ini. Timun suri yaitu salah satu buah yang sanggup mencegah pertumbuhan sel-sel kangker dan tumor di dalam tubuh. Hal ini alasannya di dalam timun tersebut terkandung saponin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dari dalam tubuh.


8. Menyehatkan Ginjal


Timun suri termasuk buah dengan kadar air yang tinggi sehingga sanggup mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Oleh alasannya itulah, buah ini termasuk sebagai obat diuretik yang baik untuk tubuh.


9. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh


Setiap orang pastilah menginginkan mempunyai kekebalan badan yang baik. Dengan begitu penyakit-penyakit pun tidak gampang menyerangnya. Salah satu tanda buruknya sistem kekebalan pada badan yaitu mudahnya terjangkit flu atau pileg. Tapi anda tidak perlu hawatir. Anda sanggup memanfaatkan timun suri sebagai cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam buah ini terkandung vitamin C dengan kadar yang cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh.


10. Anti Radang


Bukan hanya dagingnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, biji timun suri pun sanggup mempunyai kegunaan sebagai obat radang selaput lendir atau radang tenggorokan.


11. Menjaga Regenerasi Sel-sel di Dalam Tubuh


Timun suri yaitu buah yang baik dikonsumsi oleh anda yang habis sakit. Hal itu alasannya buah ini akan membantu mengembalikan sel-sel yang telah mati atau telah rusak selama sakit.


12. Menjaga Kesehatan Sendi dan Tulang


Di dalam timun suri terkandung aneka senyawa yang baik untuk kesehatan tulang, menyerupai vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, asam folat, magnesium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, terutama bagi anda yang menderita encok dan rematik. Selain senyawa-senyawa di atas, timun suri juga mengandung silika yang baik untuk kesehatan sendi.


13. Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes


Di dalam buah ini terkandung karbohidrat kompleks. Ini yaitu jenis karbohidrat ringan yang tidak menyebabkan naiknya kadar gula darah di dalam tubuh. Untuk itulah sangat baik jikalau dikonsumsi oleh penderita diabetes.


14. Sebagai Penjaga Kestabilan Tekanan Darah yang Baik


Ada banyak senyawa yang bisa menjaga kesehatan di dalam timun suri, menyerupai serat, saponin, potasium, asam linoleat, dan magnesium secara bahu-membahu menjaga kestabilan tekanan darah di dalam tubuh. Selain untuk menjaga kestabilan tekanan darah, buah ini juga sanggup menurunkan kolesterol. Jika kadar kolesterol dan tekanan darah stabil, maka otomatis kesehatan jantung pun akan terjaga dengan baik.


15. Sumber Energi Instan


Apa maksudnya? tentu suatu ketika anda pernah mencicipi lapar sedangkan ketika itu waktu atau situasinya tidak memungkinkan untuk makan berat, contohnya bangkit keseiangan dan tidak sempat sarapan. Tapi anda tidak perlu hawatir. Anda sanggup memanfaatkan timun suri ini sebagai sumber energi instan. Hal itu alasannya timun suri mengandung fluktosa dan glukosa yang gampang larut sehingga akan cepat berkembang menjadi energi sesaat sesudah dikonsumsi.


16. Sebagai Pelepas Dahaga


Jika diperhatikan, mengkonsumsi buah ini di siang hari sangatlah menyegarkan tenggorokan. Hal itu alasannya kadar air yang terkandung di dalam timun suri sangatlah tinggi sehinga sanggup memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.


Baca Juga : Anemia? Inilah Makanan Penambah Darah yang Perlu Dikonsumsi


17. Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut


Timun suri mentah mempunyai manfaat untuk menetralkan PH di dalam rongga mulut. Hal itu sanggup terlihat ketika seseorang mengunyah buah yang satu ini maka produksi air di dalam verbal akan meningkat. Untuk itulah, buah ini sangat pas dikonsumsi oleh anda yang sedang menderita radang gusi ataupun sakit gigi.


18. Memperlebat Rambut


Beberapa orang menginginkan rambut yang indah dan lebat. Jika anda termasuk di dalamnya, anda sanggup mengkonsumsi timun suri untuk menambah lebat rambut anda. Kandungan silika di dalam timun yang satu ini bisa menciptakan rambut menjadi indah dan lebat. Tentu saja hal ini harus diikuti dengan perawatan rambut yang lain dan menjaga hal-hal yang sanggup merusak rambut.


Begitu banyaknya manfat timun suri yang sanggup dimanfaatkan sebagai asupan nutrisi bagi kesehatan badan kita. Untuk itu, masukkanlah timun suri ke dalam daftar sajian favorit harian semoga sanggup mencicipi manfaat sehat yang maksimal dari buah tersebut! Demikian pembahasan perihal manfaat timun suri. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment