Saturday, August 24, 2019

Semua Wacana Sakit Kepala Sebelah Kanan

Sakit kepala ialah keluhan kesehatan yang diidentifikasikan dengan adanya rasa nyeri pada pecahan kepala. Rasa nyeri tersebut sanggup terjadi di pecahan kiri (sakit kepala sebelah kiri), di pecahan kanan, atau sanggup juga di seluruh pecahan kepala. Kali ini kita akan membahas sakit kepala sebelah kanan.


Sakit kepala sebelah kanan ialah rasa sakit yang terjadi pada sisi kepala pecahan kanan atau separuh pecahan kepala yang mendominasi rasa sakit. Meskipun hanya terjadi pada sebagian kepala saja tapi sakit kepala jenis ini cukup mengganggu acara keseharian seseorang.


Sakit kepala ialah keluhan kesehatan yang diidentifikasikan dengan adanya rasa nyeri pada Semua Tentang Sakit Kepala Sebelah Kanan

Ilustrasi sakit kepala sebelah kanan


Jika sakit kepala sebelah kanan ini hanya terjadi beberapa dikala dan dalam frekuensi yang wajar, maka anda tidak perlu merisaukannya lantaran hal itu sanggup jadi akhir dari acara anda yang telah banyak memakan energi.


Tapi bila kondisi ini seringkali terjadi dengan rasa yang begitu sakit, maka anda perlu mewaspadainya. Bisa jadi sakit kepala yang anda alami merupakan tanda adanya potensi-potensi penyakit kronis di dalam tubuh. Untuk itulah perlu dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.


Penyebab Terjadinya Sakit Kepala Sebelah Kanan


Untuk sanggup mencegah serta mengatasi sakit kepala sebelah kanan dengan tepat, maka penting untuk mengetahui sebab-sebab yang melatarbelakangi keluhan ini. Beberapa faktor tersebut diantaranya ialah :


1. Gaya Hidup


Gaya hidup ialah faktor yang paling mungkin menjadi penyebab terjadinya sakit kepala. Kondisi-kondisi gaya hidup menyerupai kelelahan, stres, mempunyai teladan makan yang tidak teratur, terjadinya duduk kasus pada otot di leher, hingga dampak samping akhir penggunaan obat sakit secara berlebihan yang disebut juga dengan over-the-counter (OTC) seringkali menjadi faktor pemicu terjadinya sakit kepala jenis ini. Oleh lantaran itu, menjaga teladan hidup yang lebih sehat ialah hal yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya sakit yang terjadi di pecahan sebelah kanan ini.


2. Alergi dan Infeksi


Penyebab yang lainnya ialah lantaran adanya alergi dan jerawat pada tubuh. Jenis jerawat yang sering menjadi pemicu sakit kepala ini ialah yang disebut jerawat sinus. Infeksi sinus ialah jerawat peradangan yang menimbulkan adanya tekanan pada pecahan belakang tulang pipi sehingga menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini selanjutnya yang akan mengakibatkan kepala turut menjadi sakit. Selain itu, alergi juga menjadi salah satu penyebab munculnya sakit kepala jenis ini. Seseorang dengan alergi sesuatu tertentu, sanggup makanan, udara, debu, dan lain sebagainya akan menjadikannya sakit kepala.


3. Penggunaan Obat-obatan Secara Berlebihan


Pernahkah anda mengkonsumsi obat sakit kepala dalam jumlah yang banyak? Seringkali seseorang memakai obat-obatan yang dijual bebas untuk meredakan sakit kepala. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian, Sebanyak 5% penderita sakit kepala memakai obat-obatan yang dijual secara bebas. Jika hal ini dilakukan dalam frekuensi yang masuk akal tentu tidak akan jadi masalah.


Akan tetapi kebanyakan orang yang menderita penyakit ini lebih sering memakai obat-obatan yang diperjualbelikan secara bebas di warung tanpa memperhatikan petunjuk penggunaan serta aba-aba dokter. Hal tersebut dikhawatirkan akan memperparah keadaan yang akan menambah dampak samping dari penggunaan obat tersebut. Oleh karenanya, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan jenis apapun.


Baca Juga : Jenis-jenis Obat Sakit Kepala Tradisional


4. Gangguan Neurologis


Penyebab sakit kepala sebelah kanan yang berikutnya ialah lantaran faktor neurologis. Beberapa macam gangguan neurologis yang menjadi pemicu sakit kepala diantaranya adalah:


# Neuralgia Occipital


Terdapat dua saraf oksipital di tulang belakang leher pecahan atas yang berjalan melalui otot ke kulit kepala. Jika salah satunya terkena iritasi maka seseorang akan mengalami nyeri, kesemutan, atau syok. Dan yang sering terjadi ialah rasa sakit tersebut terjadi di salah satu pecahan sisi kepala.


# Arteriitis Temporal


Arteritis temporal ialah kondisi dimana arteri mengalami peradangan. Fungsi arteri ini ialah sebagai organ yang memasok darah ke kepala dan otak. Jika hal ini terjadi maka seseorang akan mengalami beberapa gangguan, menyerupai gangguan pengelihatan, nyeri pinggang, nyeri bahu, hingga penurunan berat badan.


# Neuralgia Trigeminal


Neuralgia Trigeminal ialah gangguan yang terjadi pada saraf yang berfungsi membawa sensasi dari wajah ke otak. Jika saraf ini terganggu, maka sentuhan pada wajah sedikit saja akan mengakibatkan rasa sakit pada kepala.


5. Migran Kronis


Penyebab yang berikutnya mengapa seseorang mengalami sakit kepala sebelah kanan ialah lantaran faktor migran kronis. Migran kronis ialah sebuah kondisi dimana seorang mengalami migran yang terjadi secara berulang. Ciri dari migran ini ialah kepala berdenyut mulai dari sedang hingga parah, denyutan terjadi pada satu sisi kepala atau keduanya, penderita mengalami tingkat sensitivitas secara berlebihan pada bunyi dan cahaya, dan perut terasa mual.


6. Hemicrania Continua


Hemicrania continua sanggup diidentifikasikan dengan adanya ciri berikut, diantaranya yakni :



  • terjadi dari hari kehari secara berulang

  • terjadi hanya pada satu sisi kepala saja

  • pupil mata mengecil atau kelopak mata terkulai

  • mata memerah pada pecahan kepala yang terasa sakit.


7. Penyebab sakit kepala sebelah kanan lainnya


Disamping sebab-sebab di atas, ada pula faktor lain yang menjadi penyebab timbulnya sakit kepala sebelah kanan. Faktor-faktor menyerupai terjadinya jerawat meningitis, terjadinya peradangan atau gangguan pada pembuluh darah di sekitar otak, tekanan darah di dalam rongga kepala, tumor otak, cidera otak, trauma, dan aneurisma ialah kondisi –kondisi yang juga sanggup memicu terjadinya sakit kepala sebelah kanan.


Agar tidak salah dalam memperlihatkan penanganan, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Biarkan dokter memperlihatkan diagnosanya untuk memilih langkah yang paling sempurna dalam menyembuhkan sakit kepala anda.


Jenis-Jenis Sakit Kepala Sebelah Kanan


Ada beberapa jenis sakit kepala sebelah kanan yang sering dialami oleh seseorang, diantaranya adalah:




  1. Sakit Kepala Menegang




Sakit kepala jenis ini ialah sakit kepala yang sering dialami oleh seseorang. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa ada 75% orang cukup umur mengalami sakit kepala jenis ini. Sakit kepala tegang mengakibatkan rasa sakit pada pecahan kepala, baik kedua sisi kepala maupun hanya sebagian saja. Sakit kepala ini mengakibatkan kepala terasa begitu sakit, pundak dan leher pun ikut terasa sakit.




  1. Migran




Migran ialah sakit yang mengakibatkan kepala terasa berdenyut, baik sebagian maupun kedua sisi kepala. Penderita migran akan mengalami sensitivitas terhadap cahaya, mual, muntah, bahkan sanggup menciptakan pengelihatan menjadi kabur.




  1. Kluster




Kluster ialah sakit yang terjadi hanya pada satu sisi kepala saja. Orang yang mengalami sakit kepala ini akan memucat kulitnya, mata terasa sakit dan memerah di pecahan sisi kepala yang terasa berdenyut, adanya perasaan yang gelisah.




  1. Kronis




Sakit kepala kronis ialah sakit kepala yang terjadi dalam waktu 15 hari atau lebih. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter bila anda mengalami sakit kepala jenis ini.


Kondisi Darurat Sakit Kepala Sebelah Kanan


Sakit kepala sebelah kanan biasa sanggup menjelma darurat bila tak ditangani secara serius. Anda perlu memeriksakan diri anda ke dokter bila mencicipi hal-hal berikut yang juga merupakan ciri-ciri kondisi darurat sakit kepala sebelah kanan :



  • Demam

  • Leher terasa kaku

  • Kelelahan yang berlebihan

  • Pengelihatan ganda atau kehilangan pengelihatan

  • Rasa sakit meningkat dikala bergerak atau batuk

  • Di akrab pelipis terasa sakit

  • Gejala tidak jelas.


Demikian pembahasan wacana sakit kepala sebelah kanan, agar bermanfaat.


No comments:

Post a Comment