Sunday, August 18, 2019

Penting! Inilah Penyebab Sakit Kepala Yang Sering Terjadi Pada Seseorang

Sakit kepala merupakan keluhan kesehatan yang secara umum pernah dialami oleh setiap orang manusia. Sakit kepala sanggup terjadi pada siapa saja, baik anak muda, orang dewasa, ataupun orang tua. Menurut laporan dari tubuh kesehatan dunia atau WHO, menyebutkan bahwa setidaknya separuh dari orang remaja yang di seluruh dunia akan mengalami sakit kepala pada masa-masa tertentu. Penyebab sakit kepala secara umum dilatarbelakangi oleh stres, perubahan iklim cuaca, faktor makanan, dan lain sebagainya.


Hal tersebut cukup mengambarkan bahwa sebagian besar masyarakat dunia pernah mencicipi keluhan pada pecahan kepala ini. Pada umumnya sakit kepala merupakan kondisi kesehatan yang tidak terlalu menghawatirkan. Sakit kepala ini sanggup diatasi dengan memakai pengobatan sendiri, ibarat ibuprofen, aspirin, parasetamol, dan istirahat yang cukup.


Sakit kepala merupakan keluhan kesehatan yang secara umum pernah dialami oleh setiap orang Penting! Inilah Penyebab Sakit Kepala Yang Sering Terjadi Pada Seseorang

penyebab sakit kepala aladokter


Penanganan secara tradisional juga sanggup dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan adanya efek samping dari penggunaan obat. Misalnya saja dengan memakai obat sakit kepala tradisonal. Akan tetapi, intensitas penanganan akan berbeda jikalau sakit kepala terjadi dalam frekuensi yang amat sering serta berlangsung dalam waktu yang lama. Jika hal itu terjadi maka tindakan yang paling sempurna yaitu dengan segera mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter.


Penyebab Terjadinya Sakit Kepala


Ada banyak faktor yang mengakibatkan timbulnya sakit kepala, mulai dari faktor psikologis hingga faktor medis. Hal-hal tersebut sanggup menjadi pemicu timbulnya sakit kepala. Pada umumnya penyebab sakit kepala dilatarbelakangi oleh beberapa hal di bahwa ini, diantaranya yakni :




  1. Tekanan Emosi atau Stres




Pada point ini merupakan penyebab sakit kepala yang umum dialami oleh orang. Kondisi emosi yang tidak stabil seringkali menciptakan otot-otot di kepala menjadi menegang sehingga sebagai alhasil kepala pun menjadi pusing. Disamping itu, rasa stres akhir beban di fikiran pun berkontribusi mengakibatkan sakit di kepala.




  1. Faktor Kesehatan




Selain faktor psikologis, faktor-faktor kesehatan atau medis pun sanggup mengakibatkan timbulnya sakit kepala. Tekanan darah tinggi atau adanya penyakit kronis sanggup menjadi penyebab timbulnya sakit kepala.




  1. Cuaca




Cuaca yang ekstrim merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit kepala. Cuaca panas yang disertai oleh perubahan tekanan udara dan kelembabannya sanggup mengubah zat-zat kimiawi di dalam otak. Hal ini sanggup memicu terjadinya sakit kepala.


Baca Juga : Cara Mengecilkan Pipi yang Tembem




  1. Makanan




Selain cuaca, masakan pun sanggup mengakibatkan timbulnya sakit kepala. Jenis masakan ibarat kacang-kacangan, daging yang sudah diawetkan, masakan dengan MSG, dan masakan asin seringkali memicu rasa sakit pada kepala.




  1. Minuman




Selain makanan, minuman pun sanggup mengakibatkan sakit kepala. Minuman ibarat teh, kopi, dan minuman beralkohol yaitu salah satu minuman yang memicu timbulnya sakit kepala. Selain itu, dalam keadaan kekurangan cairan tubuh atau kekurangan cairan seseorang sanggup mengalami sakit pada kepalanya.




  1. Terlambat Makan




Jangan abaikan terlambat makan lantaran hal itu sanggup memunculkan sejumlah permasalahan kesehatan pada tubuh, salah satunya yaitu sakit kepala. Hal ini disebabkan tubuh akan mengalami penurunan gula darah sehingga pembakaran pun tidak sanggup terjadi secara maksimal.




  1. Hormon




Perubahan hormon, ibarat kekurangan hormon estrogen pada perempuan haid sanggup menjadi pemicu timbulnya sakit kepala. Oleh lantaran itulah banyak perempuan yang sedang menstruasi sering mengeluhkan sakit pada kepalanya.




  1. Kurang Tidur




Penyebab lain sakit kepala yaitu lantaran kurang tidur. Biasanya sakit kepala akan sembuh seiring dengan istirahat yang cukup.




  1. Kelelahan




Kelelahan juga sanggup memicu timbulnya sakit kepala. Olahraga yang berlebihan, bekerja dalam waktu yang lama, serta kegiatan fisik lainnya yang dilakukan secara berlebihan akan berdampak jelek bagi kesehatan. Tentu dalam hal ini akan berdampak pribadi pada sakit kepala.




  1. Bermalas-malasan




Malas juga ternyata sanggup mengakibatkan efek jelek dalam tinjauan kesehatan. Sikap malas secara umum diwujudkan dengan perilaku tubuh yang miring, menekuk, dan posisi bermalas-malasan lainnya. Sikap tubuh tersebut akan menjadi salah satu penyebab sakit kepala yang paling utama. Hal itu terjadi akhir adanya tekanan pada leher dan punggung sehingga memicu timbulnya rasa sakit di kepala.


Sementara International Headache Society (IHS) membagi sakit kepala dalam dua jenis menurut penyebabnya, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer yaitu sakit kepala yang tidak disebabkan oleh kkondisi lain, sedangkan sakit kepala sekunder yaitu sakit kepala yang disebabkan lantaran ada faktor lain.


# Sakit Kepala Primer


Sakit kepala primer yaitu penyakit yang bangun sendiri yang disebabkan oleh faktor over kegiatan atau permasalahan pada struktur kepala yang memang sensitif oleh adanya rasa sakit. Selain itu, sakit kepala primer ini juga sanggup disebabkan lantaran adanya perubahan zat kimiawi di dalam otak. Organ yang terkait dengan sakit kepala ini yaitu pembuluh darah, otot, saraf kepala, dan juga leher. Adapun yang termasuk jenis sakit kepala primer yaitu sakit kepala cluster, sakit kepala tegang, dan migran.


# Sakit Kepala Sekunder


Sakit kepala sekunder yaitu sakit kepala yang disebabkan lantaran adanya faktor lain yang menstimulus saraf sensitif di kepala. Secara umum, penyebab sakit kepala jenis ini yaitu lantaran adanya pembekuan otak. Sedangkan pembekuan otak itu sendiri disebabkan oleh banyak hal, diantaranya terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, darah yang membeku, tumor otak, terjadi pendarahan di dalam otak, dehidrasi, influensa atau flu, persoalan pada gigi, konsumsi obat penghilang rasa sakit, dan lain sebagainya.


Jenis-Jenis Sakit Kepala


Ada beberapa jenis sakit kepala yang perlu anda ketahui, yaitu:




  • Sakit Kepala Tegang




Sakit kepala tegang yaitu sakit kepala primer yang banyak terjadi pada orang dewasa. Biasanya penderita sakit kepala ini akan mencicipi bahwa sakit tersebut berawal dari atau ke leher, rasa sakit yang konstan di kedua sisi kepala, dan adanya beban yang berat di sekitar kepala. Pada umumnya, sakit kepala ini terdiri dari sakit episodik dan kronis. Sakit kepala episodik yaitu sakit kepala yang terjadi hanya dalam beberapa jam atau beberapa hari saja, sedangkan sakit kepala kronis yaitu sakit kepala yang terjadi dalam waktu 15 hari dan hal itu terjadi dalam 3 bulan.


Baca Juga : Cara Menghilangkan Selulit di Paha dengan Benar




  • Migran




Migran yaitu salah satu jenis sakit kepala yang umum menyerang seseorang. Migran yaitu perasaan kepala yang berdenyut yang terjadi hanya pada satu sisi atau pecahan kepala saja. Kondisi ini biasanya juga diikuti dengan kepala menjadi pusing, pengelihatan menjadi kabur, mual, dan terjadi gangguan sensorik.




  • Sakit Kepala Rebound




Sakit kepala jenis ini yaitu sakit kepala sekunder yang disebabkan akhir dari konsumsi obat-obatan penghilang sakit kepala secara berlebihan. Sakit kepala ini akan hilang jikalau seseorang mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, tapi hal itu tidak bertahan usang lantaran sesudah efek obat tersebut sudah hilang maka rasa sakit itupun akan kembali menyerangnya. Dampak yang timbul akhir sakit kepala rebound ini yaitu gelisah, leher menjadi sakit, menurunnya kualitas tidur, serta hidung tersumbat.




  • Sakit Kepala Cluster




Sakit kepala cluster yaitu sakit kepala yang terjadi dalam waktu yang singkat. Sakit kepala ini sanggup terjadi kapan saja dan biasanya terjadi selama 15 menit hingga 3 jam. Ini yaitu jenis sakit kepala yang kedatangannya tidak mempunyai gejala khusus. Di atas yaitu klarifikasi ihwal penyebab terjadinya sakit kepala beserta jenis-jenis sakit kepala yang sering terjadi pada manusia. Dengan mengetahui apa saja penyebab sakit kepala dan apa saja jenis-jenisnya, kita sanggup melaksanakan langkah-langkah hidup sehat sebagai salah satu perjuangan pencegahan sakit kepala.


Demikianlah pembahasan ihwal penyebab sakit kepala. Dengan mengetahui penyebab sakit kepala, diperlukan sanggup menambah pengetahuan ihwal penyakit ini dan sanggup melaksanakan langkah antisipasi serta pencegahan dengan baik. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment