Thursday, August 15, 2019

Jenis-Jenis Obat Sakit Kepala Tradisional

Sakit kepala merupakan sebuah fenomena yang terjadi pada badan yang sanggup diidentifikasikan dengan rasa nyeri pada cuilan kepala dan sekitar leher. Keluhan tersebut sanggup dialami oleh siapa saja. Itulah sebabnya sakit kepala menjadi fenomena yang cukup terkenal dikalangan masyarakat. Pada dasarnya sakit kepala yaitu fenomena yang wajar. Meskipun begitu, keluhan pada cuilan kepala ini tentu akan sangat mengganggu acara keseharian kita kalau tidak ditangani secara cepat.


Kondisi cuaca yang terlalu ekstrim, terlalu sering melihat ke arah cahaya, sensitif dengan bau-bau tertentu sanggup menjadi sumber datangnya sakit kepala. Jika sakit kepala itu tiba sehabis sebab-sebab tersebut, maka sakit yang anda alami sanggup dikategorikan sebagai sakit kepala yang aman. Meskipun begitu, kita perlu waspada terhadap sakit kepala lantaran hal itu sanggup menjadi tanda keberadaan suatu penyakit di dalam badan yang membutuhkan penanganan segera.


Sakit kepala merupakan sebuah fenomena yang terjadi pada badan yang sanggup diidentifikasika Jenis-Jenis Obat Sakit Kepala Tradisional

Jenis-Jenis Obat Sakit Kepala Tradisional aladokter.com


Penanganan sakit kepala sanggup dilakukan dengan cara medis modern ataupun dengan memakai cara tradisonal yakni dengan memakai obat sakit kepala tradisonal atau semacamnya. Namun belakangan ini sebagian besar masyarakat percaya bahwa pengobatan secara tradisonal dirasa lebih efektif dan tidak menjadikan imbas samping bagi penderitanya.


Beberapa Jenis Obat Sakit Kepala Tradisional


Seperti kita ketahui bahwa ada beberapa jenis sakit kepala yang sering menyerang manusia. Tiap-tiap jenis sakit kepala mempunyai karakteristik serta tanda-tanda yang berbeda-beda yang tentu saja turut besar lengan berkuasa pada proses penanganannya. Berikut ini yaitu beberapa tips penanganan serta rujukan obat sakit kepala tradisonal :




  1. Pijat




Pijat sudah semenjak usang diyakini mempunyai khasiat untuk melemaskan kembali otot-otot yang kaku dan tegang. salah satu dari penyebab sakit kepala diakibatkan oleh adanya otot-otot yang tegang disekitar kepala. Dengan dillakukannya pemijatan di sekitar cuilan kepala yang sakit, maka otot-otot tegang pun akan menjadi rileks kembali.


Cara untuk melakukannya yaitu dengan cara gerak melingkar pada cuilan pelipis. Setelah itu, teruskan pemijatan ke cuilan jidad, sekitar lubang telinga, dan berakhir di cuilan leher dan pundak! Lakukan gerakan ini hingga kepala terasa ringan kembali!




  1. Titik Refleksi




Selain dengan memakai pemijatan, anda juga sanggup memakai titik refleksi untuk menyembuhkan sakit kepala. Caranya yakni dengan menekan jembatan hidung secara lembut selama 10 detik. Setelah itu, tekan titik yang berada diantara ibu jari dan jari telunjuk pada tangan! Lakukan cara ini selama beberapa kali hingga sakit kepala anda mereda.




  1. Menggunakan Eucalyptus




Bagi anda yang tidak mau memakai cara pijat dan titik refleksi, anda sanggup memakai minyak eucalyptus. Minyak eucalyptus yaitu salah satu minyak yang mempunyai sifat anti peradangan. Sifat ini sanggup meregangkan otot-otot yang kaku, termasuk juga otot-otot di sekitar leher dan kepala. Cara menggunakannya sangat mudah.


Oleskan eucalyptus pada cuilan pelipis, jidad, leher, dan pundak. Setelah seluruh cuilan tersebut telah diolesi dengan minyak eucalyptus, maka anda perlu melaksanakan sedikit pemijatan pada area-area tersebut. Gunanya semoga minyak eucalyptus sanggup bekerja maksimal dalam meregangkan otot-otot di sekitar kepala dan leher.




  1. Kayu Manis




Bagi anda yang dikala ini sedang diserang sakit kepala, anda sanggup memanfaatkan kayu elok untuk meredakannya. Kayu elok termasuk rempah-rempah yang sangat efektif untuk dijadikan sebagai rujukan obat sakit kepala tradisonal. Terutama pada jenis sakit kepala yang disebabkan oleh cuaca ekstrim. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan pasta kayu elok pada pelipis dan dahi! Kemudian diamkan selama setengah jam atau lebih. Setelah dirasa cukup, bersihkan pasta tersebut dari kepala anda maka sakit kepala pun sudah reda!


Baca Juga : Jenis-jenis Makanan Penambah Trombosit




  1. Minyak Kayu Putih




Khasiat minyak kayu putih sebagai obat sakit kepala tidak diragukan lagi. Minyak kayu putih mengandung sineol, terpineol, aldehid valerat, butirat, dan aneka senyawa lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan-kandungan inilah yang dipercaya bisa untuk meredakan sakit kepala. Selain itu, aroma terapi yang ada pada minyak kayu putih juga mempunyai khasiat untuk merelaksasi otak dan fikiran sehingga akan membantu dalam proses penyembuhan sakit kepala.


Cara memakai ramuan rempah ini sangatlah mudah. anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada cuilan pelipis, jidad, dan leher anda. Selain dioleskan, anda juga sanggup menghirup atau mencium minyak ini untuk memanfaatkan fungsi aroma terapi sebelum dioleskan ke cuilan kepala!




  1. Daun Kayu Putih




Selain diambil manfaat minyaknya, daun kayu putih juga mempunyai khasiat sebagai obat sakit kepala. Cara menggunakannya ialah dengan merebusl beberapa helai daun kayu putih bersama 4 gelas air. Setelah itu tunggu hingga air mendidih sampai  menyisakan kira-kira 3 gelas saja. Setelah dingin, minumlah air rebusan daun kayu putih tersebut untuk meredakan sakit kepala anda!




  1. Daun Alpukat




Bukan hanya buahnya saja yang yummy untuk dikonsumsi, daun alpukat pun mempunyai khasiat yang sanggup dijadikan sebagai obat sakit kepala tradisonal. Caranya rebuslah beberapa lembar daun alpukat hingga airnya mendidih! Setelah itu saring dan diamkan hingga dingin! Kemudian minumlah air rebusan ini sebanyak satu kali dalam sehari untuk meredakan sakit kepala. Ingat! Cukup sekali dalam sehari lantaran mengkonsumsi air rebusan daun alpukat secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan.




  1. Bunga Matahari




Pada umumnya bunga matahari hanya dimanfaatkan sebagai flora penghias halaman rumah. Hal tersebut tentu tidaklah mengherankan mengingat bunga yang satu ini mempunyai warna yang begitu indah. Selain berfungsi sebagai flora hias, bunga ini juga sanggup dipakai untuk mengatasi sakit pada cuilan kepala. Caranya yaitu dengan merebus setangkai bunga matahari bersama sepotong jahe ke dalam 3 gelas air. Tunggu hingga airnya mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas saja! Minumlah air rebusan bunga matahari tersebut dua kali sehari! Untuk mendapat hasil yang maksimal, iringi juga dengan mengkonsumsi telur rebus! Hal ini perlu untuk dilakukan untuk menambah kadar protein dan zat-zat lainnya yang diperlukan oleh tubuh.




  1. Bunga Kenanga




Selain bunga matahari, bunga kenanga pun sanggup dijadikan sebagai obat sakit kepala. Caranya yaitu dengan menyiapkan beberapa buah bunga kenanga yang selanjutnya direbus dengan 2 gelas air. Didihkan ramuan tersebut hingga airnya hanya tersisa sebanyak 1 gelas saja. Setelah suhu air rebusan daun kenanga kembali normal, konsumsilah air tersebut sebanyak 3 kali setiap hari untuk hasil yang maksimal.




  1. Aroma Terapi




Mengatasi sakit kepala juga sanggup dilakukan dengan cara memanfaatkan beberapa flora yang mengandung aroma terapi di dalamnya. Aroma terapi inilah yang selanjutnya akan dimanfaatkan untuk mengatasi sakit pada cuilan kepala. Salah satu fungsi aroma terapi yaitu sanggup menenangkan fikiran dan saraf-saraf yang berada di sekitar kepala.


Kondisi ini sanggup menciptakan otot-otot di sekitar kepala pun menjadi rileks. Beberapa flora yang mengandung aroma terapi diantaranya yaitu lemon, lavender, mawar, kenanga, peppermint, rosemary, dan masih banyak lagi.




  1. Teh Hangat




Teh merupakan salah satu minuman yang terkenal di dunia tak terkecuali di Indonesia. Selain nikmat disajikan dengan banyak sekali cemilan, teh juga mempunyai khasiat yang cukup efektif untuk dijadikan obat sakit kepala. Di dalam kandungan teh terdapat zat kafein menyerupai halnya yang terdapat di dalam kopi. hanya saja yang membedakan adalah, kafein yang terdapat di dalam kopi harus dihindari dikala sakit kepala menyerang, sedangkan kafein dalam teh justru bermanfaat untuk mengobati sakit kepala.


Cara menyajikan minuman teh sangatlah mudah. Didihkan air panas bersama dengan beberapa helai daun teh! selanjutnya masukkan gula sebagai aksesori (sesuai selera)! tambahkan beberapa sendok madu dan lemon!  Teh elok siap dikonsumsi untuk meredakan sakit kepala anda!


Baca Juga : 10 Manfaat Teh Hijau yang Terbukti Ilmiah


12. Makan Secara Teratur


Salah satu penyebab sakit kepala yaitu lantaran badan kekurangan zat gula. Biasanya kondisi ini disebabkan lantaran telat makan atau makan yang tidak teratur. Untuk itulah semoga hal ini tidak terjadi, makan secara teratur yaitu solusi yang tepat. Selain sanggup mencegah sakit kepala, makan secara teratur juga akan mencegah datangnya maag, terutama maag kronis.


Begitu banyak obat tradisional yang sanggup kita gunakan untuk mengobati sakit kepala. Dengan memanfaatkan obat-obatan tradisional tersebut, maka kita akan terbebas dari imbas samping obat-obatan kimiawi.


Demikianlah pembahasan wacana jenis-jenis penanganan serta rujukan obat sakit kepala tradisional yang terbukti secara khasiat serta manfaatnya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.


No comments:

Post a Comment